Home Lainnya Artikel 10 Tips Memaksimalkan Performa, Kinerja atau Kecepatan Windows 7

10 Tips Memaksimalkan Performa, Kinerja atau Kecepatan Windows 7

2 183

Sejak pertama kali diluncurkan, Operating System Windows 7 sudah digunakan oleh jutaan pengguna komputer, PC Tablet, Deskbook, Netbook dan Laptop diseluruh dunia, bahkan Windows 7 versi Nulled sekalipun laris manis di dunia maya.

Selama ini, memang belum ada kendala serius dari OS Windows 7, tapi tahukah anda bahwa windows 7 juga bisa kita akali agar lebih cepat terutama perfomancenya di perangkat yang kita gunakan, cara memaksimalkan kinerja windows 7 adalah sebagai berikut.

  • Nonaktifkan service yang tidak diperlukan
  • Menonaktifkan AUTO UPDATE
  • Jika Hardisk anda dipartisi menjadi beberapa Drive, maka usahakan setiap drive tidak penuh, minimal 2-5 giga kosong
  • Menambahkan virtual Memory
  • Selalu rutin defrag Hardisk minimal 1 sekali, jika pemakaian rutin
  • Bersihkan file di temporary
  • Install aplikasi seperlunya saja
  • Hindari efek visual pada tampilan Windows 7 anda
  • Konfigurasi jumlah Core Prosesor, caranya Start>MsCONFIG, pilih Tab Boot> Advanced Option kemudian masukkan 2,4, atau 8
  • Jika anda merasa komputer anda terasa berat dan sangat lambat, anda bisa restat untuk mengenmbalikan kondisi seperti semula.

2 COMMENTS

  1. Berikut komentar ane:

    1. Nonaktifkan service yang tidak diperlukan
    Ya. Saya setuju dengan hal ini. Alasannya simpel, sesuatu yang kurang dibutuhkan, sebaiknya dinonaktifkan.

    2. Menonaktifkan AUTO UPDATE
    Saya tidak setuju dengan hal ini. Alasannya, Windows tidak didesain secara sempurna. Setiap bulan, Microsoft merilis update, jadi, kalau kita nonaktifkan, maka mau tidak mau kita harus menginstalasikan update secara manual, yang justru membuat kita semakin bingung, mana yang sudah dan mana yang belum di-update.

    3. Jika Hardisk anda dipartisi menjadi beberapa Drive, maka usahakan setiap drive tidak penuh, minimal 2-5 giga kosong
    Saya sebenarnya lebih setuju kalau hal ini berlaku pada partisi sistem saja, sebab di dalamnya ada Paging File dan seringnya tempat menyimpan Temporary Files. Ingat, semua aplikasi akan menyimpan sementara file-file yang sedang diprosesnya.

    4. Menambahkan virtual Memory
    Virtual memory? Saya rasa justru lebih baik menambahkan memori fisik. Virtual memory jelas menambah utilisasi hard disk dan utilisasi CPU.

    5. Selalu rutin defrag Hardisk minimal 1 sekali, jika pemakaian rutin
    Ya, setuju. Namun, untuk SSD, tidak perlu. Masalah rutinitas pemakaian, tergantung. Defragmentasi hard disk akan lebih baik dilakukan pada partisi dengan banyak file berukuran besar, sebab kemungkinan untuk dipecah sangatlah besar.

    6. Bersihkan file di temporary
    Ya. setuju.

    7. Install aplikasi seperlunya saja
    Ya. setuju.

    8. Hindari efek visual pada tampilan Windows 7 anda
    Sebenarnya, efek visual secara otomatis diberikan pada Windows Home Premium ke atas, dan ada lisensi untuk itu, yang menyebabkan kita membayar mahal versi di atas Home Basic. Rugi.

    9. Konfigurasi jumlah Core Prosesor, caranya Start>MsCONFIG, pilih Tab Boot> Advanced Option kemudian masukkan 2,4, atau 8
    Tidak berpengaruh. Booting hanya mengutilisasi hard disk dan prosesor pertama saja. Multicore baru akan digunakan pada saat fase ketiga, inisialisasi Desktop Window Manager (DWM).

    10. Jika anda merasa komputer anda terasa berat dan sangat lambat, anda bisa restat untuk mengenmbalikan kondisi seperti semula.
    Restart tidak banyak berpengaruh, kecuali saat sistem kurang memori. Bila kiranya merasa kurang memori, sebaiknya tambah memori saja :)

Leave a Reply