Home Software 5 Freeware Photo Editing, Alternatif Pengganti Photoshop Gratisan

5 Freeware Photo Editing, Alternatif Pengganti Photoshop Gratisan

24 740

Menggunakan Photoshop bukanlah hal yang awam lagi buat khalayak, namun apakah ada software gratisan lain yang mampu digunakan untuk melakukan photo editing?

Berikut kami rekomendasikan 5 freeware yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto Anda :

1. GIMP, Aplikasi Editing berlisensi GNU

gimpSejak tahun 2005 lalu GIMP diperkenalkan sebagai aplikasi untuk mengedit gambar. Kini aplikasi ini sudah tersedia untuk platform seperti Windows, MAC, dan beberapa versi Linux.

Singkat kata, keringanan software GIMP menawarkan kita untuk melakukan perubahan pada dunia foto digital, memanipulasi grafik maupun membuat grafik sendiri dari awal. Menggunakan tools yang umum seperti painbrush, pensil dan cloning, yang mana aplikasi tersebut dapat secara aktual dibandingkan dengan saingannya seperti Adobe Photoshop dan Paintshop Pro. Dalam versi full windows pada umumnya, diperoleh beberapa fitur yang berbeda dengan fungsi GIMP yang terpisah beserta tool-toolnya. GIMP menawarkan cara yang mudah untuk bekerja dengan grafik dan tetap fokus pada desktop Anda.

Untuk lebih jelasnya, bisa mendownload GIMP 2.6 for Windows di sini (sedangkan untuk versi dan platforms lainnya, klik di sini)

2. PAINT.NET Photo Digital Editor

Paint.net

Paint.net

Aplikasi freeware lainnya adalah Paint.net yang berbasis windows (hanya windows). Dalam layout widget windows GIMP, Paint.net menggunakan ukuran windows penuh dengan jenis yang sama dari windows. Lebih luas lagi dan sangat dapat disesuaikan layoutnya. Tentu saja ini akan memberikan pemikiran tersendiri untuk optimasi yang anda inginkan.

Kelemahan untuk menginstall paint.net ini, selalu butuh update-an vsersi dari .Net Framework oleh Microsoft (kalau tidak salah dengan v3.5 SP1)

Untuk mencobanya, silahkan download di sini.

3. Artweaver das Deautsche kreative

artweaverArtweaver adalah salah satu aplikasi kreatif dengan banyak pilihan cara untuk mengedit atau membuat grafik anda menjadi bagus. Pilihan-pilihan seperti style kanvas yang berbeda, efek standar seperti sharpen, blur dan emboss menawarkan dukungan tablet pena yang bagus.Sudah barang tentu kemampuan kerja dengan layer-layer juga ditampilkan.

Tampilannya sendiri sama seperti tampilan grafik lainnya. Dan apabila ingin mencoba aplikasi ini, download Artweaver 0.57 for windows di sini.

Berbeda kategori dengan aplikasi editing sebelumnya, tentu saja aplikasi yang satu ini akan sangat menyenangkan dan bermanfaat. Khususnya bagi Anda yang tidak ingin menginstall aplikasi editing seperti yang diuraikan sebelumnya. Versi online Adobe Photoshop ini menawarkan Anda kemampuan untuk mengupload photo dan mengeditnya sesuai keinginan. Kelebihannya yaitu pencahayaan yang lebih bagus dan bayangan atau tools lainnya dengan efek khusus yang bagus. Photoshop express adalah tools yang luar biasa.

4. Photoshop Express, Aplikasi Editing Gratis Berbasis Web

photosx

Adobe mengerti betul dengan baik dan memperbolehkan Anda mengetes sistem ini tanpa butuh mendaftar lagi atau log-in. Anda penasaran? Silahkan mencoba Photoshop Express di sini.

Salah satu kelemahan aplikasi ini adalah Anda tidak bisa menggunakan layer-layer untuk mengedit gambar anda sedikitpun secara lebih professional. Tetapi tidak apa-apa, karena meskipun demikian, yang penting aplikasi tersebut menawarkan 2Gbyte hosting gratisan buat Anda untuk mengedit gambar. File Storage yang cukup besar bukan?

5. Aviary, Aplikasi Editing Vektor yang Luar Biasa

aviaryBagi Anda pecinta gambar vektor, mungkin inilah solusi yang ciamik untuk membuat grafik.

Vektor pada dasarnya berarti kreasi anda tidak berdasarkan pixel, melainkan pada persamaan variabel. Karena itu dapat membuat sesuatu yang kecil dan ukuran selanjutnya ke bawah dan ke atas tanpa menghilangkan detail apapun. Jika ingin melakukan hal ini secara teratur pada gambar JPG, ini akan memperoleh semua tampilan yang kabur dan tidak jelas, khususnya ketika gambar tersebut menjadi teks yang kecil.

Jadi disini, tool ini hamper sama seperti Adobe illustrator. Menurut penemunya, Raven hanya tools pembuat vektor online yang gratisan di internet. Wuah, mungkin ini saatnya Anda mengkreasikan vektor Anda dan langsung bisa share secara online dengan rekan Anda. Tertarik. Silahkan mencoba fitur Aviary Raven di sini.

Jadi, tunggu apalagi, silahkan coba saja jika Anda benar-benar tertarik untuk mengkreasikan grafik Anda. Siapa tahu, sewaktu-waktu Anda akan membutuhkan tools ini dalam satu waktu yang mendesak, ya kan?

24 COMMENTS

  1. tolong cariin sofware coreltrace donk…..saya butuh tuh…..kalau ada hubungin saya di email ya

  2. Di mana sih datpetin aplikasi edit foto untuk e 63,,yang tau pleasee send via my email iaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh……..mohon petunjuknya.

  3. Yang fiturnya mirip ama photoshop kayaknya sih si GIMP. Cuma kalau belum terbiasa, agak kesulitan juga… secara terbiasa pake adobe ^^

Leave a Reply