Home Game Bermain Video Game bisa Tingkatkan Kemampuan Kognitif para Lansia

Bermain Video Game bisa Tingkatkan Kemampuan Kognitif para Lansia

0 74

Siapa bilang game hanya ditujukan bagi para remaja dan anak-anak. Game ternyata juga memiliki fungsi yang sangat bagus bagi mereka yang berusia lanjut, terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Iowa.

Dalam penelitian tersebut tim yang dipimpin oleh Prof. Fredric Wolinsky itu mengamati prilaku mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. Total terdapat 681 lansia sukarelawan yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Selanjutnya, sukarelawan itu pun dibagi menjadi empat grup. Grup pertama diminta untuk memainkan sebuah game teka-teki silang di komputer selama 10 jam. Selanjutnya tiga grup lain diminta untuk memainkan game bernama Road Tour, di mana satu grup bermain 10 jam di lab, grup kedua bermain 14 jam di lab dan yang terakhir bermain 10 jam di rumah.

Kegiatan tersebut pun dilakukan selama hampir satu tahun. Hasilnya, sukarelawan yang bermain game selama 10 jam dilaporkan memperoleh peningkatan kemampuan kognitif yang setara dengan waktu tiga tahun. Selanjutnya mereka yang bermain 14 jam memperoleh peningkatan kemampuan kognitif yang setara dengan 4 tahun. Selain itu, mereka yang bermain teka-teki silang juga memperoleh peningkatan dalam hal konsentrasi dan kecepatan memproses informasi.

(Via Gizmag)

NO COMMENTS

Leave a Reply