Home Lainnya Artikel Cara menggunakan BB sebagai Wifi Router

Cara menggunakan BB sebagai Wifi Router

Sekarang ini banyak kafe, mal dan restoran di kota-kota besar yang menyediakan layanan wifi hotspot gratis. Banyak orang berdiam diri cukup lama di kafe untuk menggunakan wifi gratis dengan hanya bermodalkan secangkir kopi.

Namun, sering kali fasilitas wifi gratis ini tidak tersedia setiap saat, seperti saat berada di perjalanan atau di desa terpencil.

Sementara itu, banyak orang yang mempunyai BB dan berlangganan paket browsing. Untuk chatting dan browsing darurat BB memang praktis, tapi bagaimana memanfaatkan konektifitas yang sudah ada secara maksimal?

Ada dua cara untuk menghubungkan BB ke laptop anda. Yang pertama adalah secara manual, dan prosesnya susah-susah gampang. Secara garis besar, tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan anda menhubungkan kabel USB dan sudah menginstal BB handheld manager di komputer anda
  2. Pastikan spesifikasi BlackBerry anda sesuai untuk fungsi modem.
  3. Pada umumnya model BB di atas menyediakan driver modem. Apabila tidak tersedia, driver bisa di download dari
  4. Cek bahwa modem driver tersebut berfungsi.
  5. Daftarkan koneksi internet baru pada komputer anda.
  6. Disable IP header Compression:

Untuk penjelasan proses lebih mendetil dapat dilihat di bagian terkait di situs ini

www.bbgeeks.com

www.blackberryforums.com

Cara pertama ini mungkin terasa sulit terutama bila tidak terbiasa dengan menyambungkan koneksi internet sendiri. Untuk memudahkan, Blackberry app world menyediakan app khusus yang dapat secara praktis mengubah BB menjadi router. App khusus ini bernama Tether dan cara penggunaannya dapat dilihat dari situs tether.com. App ini cukup diinstal di BB dan laptop, dan proses koneksi internet yang mengubah BB menjadi router akan dipandu dari awal hingga akhir. Prosesnya cukup lima menit. Aplikasi ini bisa menggunakan koneksi melalui kabel USB atau bluetooth.

Harga aplikasi memang mahal, kira-kira Rp. 270,000. Memang tidak beda jauh dari harga awal modem (seperti Telkom Flazz). Tapi, kalau dipertimbangkan secara jangka panjang, menggunakan BB sebagai modem lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk paket intenet yang terpisah dengan modem. Biaya yang perlu dipersiapkan adalah biaya yang sesuai dengan harga BlackBerry dan tidak perlu jenis BlackBerry terbaru. Biaya konektifitas udah termasuk didalam harga BlackBerry data service yang memang sudah dibayar. Apalagi sekarang ada beberapa provider yang menyediakan konektifitas yang cukup kuat untuk bisa streaming musik dan video.

 

Yang penting untuk diingat dalam menggunakan BB menjadi wifi router adalah jenis paket internet yang didaftarkan. Pastikan untuk mendaftarkan BB dengan paket unlimited yang berarti termasuk paket browsing. Jangan sampai salah menggunakan BB sebagai modem ketika berlangganan paket dengan internet berkuota karena tagihan internet dapat melonjak tinggi.

Bahkan penggunaan internet tidak hanya untuk keadaan darurat, tapi bisa sebagai alternatif internet di rumah. Keuntungan ekstra ketika mengubah BB menjadi wifi router terlihat pada tagihan internet bulanan, dimana satu tagihan dapat dapat memberikan kebebasan dalam penggunaan internet diberbagai macam tempat. Modal awal memang sedikit berat, namun hidup akan menjadi lebih mudah di masa depan.

KOMENTAR & TANGGAPAN