Home Lainnya Ilmuwan Jepang Peragakan Hologram Yang Bisa Disentuh

Ilmuwan Jepang Peragakan Hologram Yang Bisa Disentuh

17 130

hologram

Anda ingin merasakan sesnsasi sentuhan pada tampilan hologram? ya, tentu saja. Dan ini seperti apa yang dikembangkan oleh para ahli di Jepang baru-baru ini. Pasalnya para ilmuwan di Universitas Tokyo tersebut telah mengembangkan sebuah projector hologram yang mampu merender secara nyata objek 3 dimensi. Sistem ini terdiri dari sebuah perangkat tampilan hologram, 2 track Wii mote dan sebuah unit ultrasound feedback.

Seorang peneliti Takayuki Hoshi menerangkan secara abstrak, bahwa tampilan mengambang di Udara yang pernah disaksikan pada film-film fiksi beberapa dekade yang belakangan. Baru-baru ini hal tersebut menarik banyak perhatian sebagai teknologi yang menjanjikan di bidang dunia digitalisasi dan pertelevisian, serta banyak tipe tampilan hologram yang dimaksudkan dan dikembangkan sekarang ini. Ditambahkan pula, objek virtual yang terlihat dalam bentuk hologram merupakan suatu pengalaman yang luar biasa sehingga kemungkinan ada hasrat ingin meraih atau bahkan menyentuh objek virtual tersebut untuk merasakan sensasi dari sentuhan tangan secara langsung.

Berpijak dari hasrat tersebut, Hoshi pun menegaskan bahwa timnya telah sukses menambahkan fitur feeback ke tampilan image pada  3D free space. Meskipun sensasi tersebut butuh kontak dengan objek secara alamiah, keberadaan stimulator d udara menekan tampilan image hologram. Oleh karena itu beberapa jenis remote kontrol sensasi diperlukan. Hal tersebut memberikan tampilan yang tampak terlihat seperti asli. Ini menggunakan nonlinear phenomenom ultrasound (tekanan radiasi akustik). Ketika sebuah objek memasuki perambatan ultrasound, sebuah bidang tekanan menekan permukaan objek tersebut.

Menurut Hoshi sendiri, sistem ini mampu direfresh berdasarkan data digital dan bisa digunakan pada video game, CAD 3D dan aplikasi yang sejenis lainnya.

17 COMMENTS

  1. wah hebat kog jepang bs kyk gt yah coba org jepang itu ngajarin org Indonesia donk biar sm2 bisa,,,,,
    hehhehehe

  2. Shōkai suru
    Watashi no namae wa Syaifullah desu
    Bandarlampung watashi no gakkō no adoresu Tsuneni atarashii seihin o nozoku.

Leave a Reply