Home Hardware Hardware Menarik MediaTek MT8135 Berbasis Arsitektur ARM big.LITTLE Bakal Hadir Pada Akhir Tahun

MediaTek MT8135 Berbasis Arsitektur ARM big.LITTLE Bakal Hadir Pada Akhir Tahun

Dukungan arsitektur ARM big.LITTLE yang mumpuni kabarnya membuat pabrikan SoC kondang asal Taiwan bernama MediaTek berencana untuk kembali menghadirkan model produk processor unggulan paling barunya yang kali ini bakal didasarkan pada kehandalan arsitektur tersebut yaitu MediaTek MT8135.

MediaTek MT8135 ini akan mengadopsi arsitektur big.LITTLE yang mirip dengan Exynos 5410. Namun begitu, MediaTek MT8135 ini adalah processor quad-core dan bukan processor octa-core. Dan bahkan MediaTek MT8135 ini konon bakal memiliki dua set processor dual-core yang dibangun dari Cortex-A15 dan Cortex-A7.

Dengan kata lain, MediaTek MT8135 ini terbilang lebih cenderung sebagai processor dual-core karena tidak dapat menjalankan empat processor pada saat bersamaan yang notabene juga dapat menjalankan Cortex-A15 ataupun Cortex-A7. Dibandingkan dengan Exynos 5 Octa, MediaTek MT8135 ini konon memiliki kinerja yang masih lebih rendah dengan keberadaan harga yang tentunya juga jauh lebih rendah.

MediaTek MT8135 ini didasarkan pada teknologi 28nm dengan asupan frekuensi mulai dari 1GHz. Sedangkan perihal ketersediaannya sendiri, model SoC paling baru besutan MediaTek tersebut kabarnya bakal segera diproduksi pada kuartal ketiga tahun ini dan dijawalkan baru tersedia pada akhir tahun ini.

KOMENTAR & TANGGAPAN