Home Berita Menarik Microsoft, Nokia dan Oracle Bersatu Ajukan Tuntutan kepada Google

Microsoft, Nokia dan Oracle Bersatu Ajukan Tuntutan kepada Google

Google bersiap-siap menghadapi serangan besar dari para pesaingnya. Tak tanggung-tanggung, perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi bergabung menjadi satu dalam sebuah wadah yang disebut Fairsearch. Di antara perusahaan besar yang tergabung dalam kelompok tersebut adalah Microsoft, Oracle serta Nokia. Selain itu, terdapat pula perusahaan besar lain seperti Xpedia, TripAdvisor dan lain-lain.

Pihak Fairsearch pun saat ini telah mengajukan gugatan kepada Google melalui lembaga yang berwenang di kawasan Eropa. Mereka menganggap bahwa Google melalui platform Android miliknya telah melakukan sebuah sikap yang anti kompetitif.

Sebagai contoh, di platform Android semua penggunanya memiliki akses ke aplikasi-aplikasi milik Google. Di antaranya adalah Play Store, Gmail, Google Talk, Google Maps dan lain-lain. Hal tersebut pun dianggap oleh Fairsearch sebagai langkah untuk mempromosikan aplikasi Google dan membuat pengguna menjadi terpaku dan tidak pindah ke aplikasi lain.

“Google saat ini telah menggunakan OS Android sebagai “kuda troya” untuk menipu rekannya, memonopoli pasar mobile dan mengontrol data konsumen,” ujar pengacara Fairsearch Thomas Vinje dalam pernyataan resminya. Google sendiri mengatakan bahwa mereka siap untuk bekerja sama dengan lembaga berwenang terkait tuntutan tersebut.

(Via Reuters)

KOMENTAR & TANGGAPAN