Home Lainnya Artikel Plus dan Minus Menggunakan Solid State Drive (SSD)

Plus dan Minus Menggunakan Solid State Drive (SSD)

2 345

Jika Anda mengikuti perkembangan teknologi, Anda mungkin akan sering mendengar kata SSD atau Solid State Drive. Perangkat yang satu ini dikatakan bakal mampu meningkatkan performa sebuah komputer serta memiliki ukuran yang lebih kecil. Tak heran jika sebuah ultrabook, MacBook atau Ultrathin menggunakan fasilitas penyimpanan yang satu ini.

SSD sendiri merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan memori solid state. Berbeda dengan HDD yang menggunakan plat magnetis yang berputar, SSD memanfaatkan semikonduktor. Pada SSD, tidak ada bagian atau komponen apapun yang berputar atau berpindah.

Meskipun dikatakan mampu memberikan performa yang jauh lebih bagus dibandingkan HDD, SSD juga ternyata memiliki beberapa kelemahan. Jadi, Anda jangan langsung membuang HDD Anda dan beralih memakai SSD. Berikut ini adalah keuntungan dan kekurangan SSD.

Keuntungan

Performa
Performa menjadi keuntungan yang paling utama dari sebuah SSD. Seperti telah disebutkan di atas, dalam SSD tidak ada satupun komponen yang berputar ataupun mengalami perpindahan. Jadi, perangkat ini sepenuhnya elektronik. Dengan tidak adanya pergerakan manual, kecepatan untuk menulis serta membaca data naik secara drastis.

Kemudahan Transisi
Keuntungan dari SSD lainnya adalah perangkat ini juga menggunakan port yang sama dengan HDD, yakni SATA I, III dan III. Jadi, Anda tidak memerlukan penambahan komponen untuk menggantikan HDD.

Inovatif
Jelas bahwa SSD adalah salah satu hasil dari inovasi para praktisi teknologi dunia. Yang pasti, perangkat ini membuat HDD terlihat sebagai alat yang ketinggalan zaman dan harus ditinggalkan.

Kekurangan

Kapasitas
Sebuah HDD memiliki kapasitas yang sangat besar. Dan, hal ini tidak dipunyai oleh SSD. Di pasaran saat ini kebanyakan memiliki kapasitas yang terbatas, rata-rata adalah 128GB. Meskipun begitu, pada ajang CES 2012 kemarin, terdapat sebuah SSD bernama Z-Drive R5 yang memiliki kapasitas hingga 12TB.

Harga
Sebagai sebuah barang yang terbilang baru, tentunya harga yang dipatok untuk perangkat yang satu ini pun masih mahal. Di pasaran, sebuah SSD yang memiliki kapasitas 128GB sebanding dengan harga HDD 1TB.

2 COMMENTS

  1. kekurangan hardisk tersebut seharusnya di paparkan dari sisi teknologinya bukan dari harga dan kapasitas karena seiring perkembangan jaman nilai nya berkurang. mungkin dari sisi ketahanan, atau dari sisi penyelamatan data dll
    trim’s

Leave a Reply