Home Berita Menarik Protes Penangkapan Hacker, Situs-situs Milik Pemerintah Diserang Anonymous Indonesia

Protes Penangkapan Hacker, Situs-situs Milik Pemerintah Diserang Anonymous Indonesia

Beberapa waktu lalu, seorang hacker bernama Wildan Yani Ashari ditangkap kepolisian karena melakukan aksi protes dengan men-deface situs pemerintah. Kini, langkah serupa pun diikuti oleh para hacker lain yang mengaku berasal dari grup Anonymous Indonesia.

Beberapa situs pemerintah dengan domain .go.id pun telah berhasil dilumpuhkan. Situs-situs tersebut antara lain adalah KPPU, BPS, Kemenkumham, Kemensos, Indonesia.go.id, KBRI Tashkent, serta Kemenparef.

Langkah ini dilakukan oleh Anonymous Indonesia karena pihak kepolisian telah menangkap Wildan. Mereka menganggap bahwa aksi peretasan situs Presiden Indonesia oleh Wildan merupakan bukti adanya kerentanan keamanan dalam situs tersebut.

“Apakah kalian akan tahu kelemahan sistem website nya? Dan apakah kalian ingin jika website itu dibobol oleh seorang peretas yang tidak bertanggung jawab bahkan kemungkinan data-data bisa hilang, dan bagaimana jika website itu diambil oleh tangan asing yang bukan berasal dari Indonesia?” tulis Anonymous Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, meskipun memiliki nama yang mirip, namun Anonymous Indonesia ini bukanlah sebuah grup yang terafiliasi dengan grup hacker Anonymous.

(Via Kompas)

Dapatkan update beritateknologi tiap hari, supaya ga gaptek! Caranya gampang, like FB atau follow Twitter kami:

KOMENTAR & TANGGAPAN