Home Robot VelociRoACH, Robot ala Kecoa dengan Kemampuan Berlari Tercepat di Dunia untuk Robot...

VelociRoACH, Robot ala Kecoa dengan Kemampuan Berlari Tercepat di Dunia untuk Robot Mini

0 110

Sebuah robot mini berbentuk mirip kecoa nampaknya menjadi tren tersendiri saat ini. Hal ini terbukti dengan kemunculan beberapa robot mirip kecoa. Sebelumnya, Anda tentu masih ingat dengan robot bernama Roachbot. Kini, ada lagi produk serupa bernama VelociRoACH.

Robot ini memiliki bentuk yang mungil. Dengan panjang 10 centimeter, robot ini mempunyai kemampuan lari yang cukup cepat. Kecepatannya yang mampu mencapai 2.7 meter perdetik, membuat robot ini sebagai salah satu yang tercepat untuk robot seukurannya. Bahkan dibandingkan dengan kecoa asli, robot ini pun memiliki kemampuan lari lebih cepat.

Kunci dari kecepatan robot ini terletak pada enam kaki berbentu seperti huruf C yang mampu berputar dengan cepat. Bahkan kaki robot ini mampu menghentakkan kakinya ke tanah sebanyak 15 kali per detik.

Meskipun cepat, robot ini juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan stabilitas. Kaki robot ini diprogram sehingga terdapat tiga kaki yang akan menjejak ke tanah secara bersamaan. Selain itu, kalau robot ini mempunyai halangan di depannya, robot ini akan menggunakan kepalanya untuk menyingkirkan halangan tersebut.

Robot ini pun memiliki ukuran yang sangat ringan, yakni 30 gram. Meskipun begitu, robot ini mampu membawa beban hingga empat kali ukuran aslinya, yakni 120 gram. Lalu, kenapa robot ini didesain mirip dengan kecoa? Alasannya ternyata sederhana. Para pencipta robot ini mengatakan bahwa serangga merupakan miniatur yang sempurna untuk sebuah robot berkaki.

(Via Gizmag)

NO COMMENTS

Leave a Reply