Home Lainnya Internet & Web Yahoo kini Resmi Tutup Situs Search Engine Altavista

Yahoo kini Resmi Tutup Situs Search Engine Altavista

Mungkin tak semua orang familier dengan nama Altavista. Namun nama ini pernah menjadi situs pencari terpopuler dunia sebelum Google. Kini, Yahoo sebagai pemilik situs ini mengungkapkan bahwa Alta Vista resmi ditutup pada 8 Juli.

Alta Vista didirikan oleh Digital Equipment Company (DEC) pada Desember 1995. Saat itu, Alta Vista pun mendominasi internet dengan jumlah indeks halaman situs mencapai 20 juta. Angka tersebut pun cukup besar karena di waktu yang bersamaan situs lain hanya mampu mengindeks dalam angka jutaan. Bahkan Alta Vista merupakan salah satu situs yang pertama kali menawarkan layanan email gratis.

Situs ini pun merupakan search engine terbesar di dunia hingga tahun 2001. Namun pada Februari 2001, Google yang didirikan pada 1997 mulai menyamai traffic Alta Vista. Dan akhirnya pada bulan Maret Google pun berhasil mengalahkan Alta Vista.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan keruntuhan Alta Vista. Salah satunya adalah dari faktor pemilik. Dalam rentang tahun 1998 hingga 2003, terdapat tidak kurang lima pemilik dari Alta Vista. Dan akhirnya pada tahun 2003, Yahoo pun mengakuisisi Alta Vista dan perusahaan ini pun mulai mengalami kemunduran.

via ZDnet

Dapatkan update beritateknologi tiap hari, supaya ga gaptek! Caranya gampang, like FB atau follow Twitter kami:

KOMENTAR & TANGGAPAN