Beberapa waktu lalu kita dikabarkan akan adanya pesan “Error 53” pada perangkat besutan Apple. Pesan error yang muncul pada program iTunes tersebut bukan pesan error biasa karena mematikan smartphone dari Apple, khususnya iPhone 6. Bukan tanpa alasan, pesan error ini muncul ketika Touch ID dari smartphone tersebut diganti dengan Touch ID bukan buatan Apple resmi.

iphone_6s-bug-date
iPhone 6s (Kredit: Macworld UK)

Nah kali ini ternyata tidak hanya pesan “Error 53” saja yang mematikan, namun juga ada tanggal yang mematikan bagi perangkat Apple. Dikutip dari 9to5Mac, Selasa (16/2/2016), disebutkan bahwa perangkat Apple yang dengan sengaja mengubah tanggal menjadi 1 Januari 1970 dan di-restart, maka perangkat tersebut tidak akan dapat masuk ke menu utama karena mengalami looping dan stuck di logo Apple.

Perangkat yang mengalami hal ini adalah yang menggunakan chipset 64 bit (A7, A8, A8X, A9, dan A9X). Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa hal ini terjadi karena sistem operasi iOS berbasis Unix, tanggal tersebut adalah tanggal yang berbeda dengan sistem yang seharusnya, sehingga saat booting, data yang menggunakan patokan waktu gagal dimuat. Ada juga yang mengatakan bahwa tanggal tersebut adalah awal dari basis Unix yang berarti kosong.

Sayangnya belum ada cara yang praktis untuk menangani masalah ini. Pihak Apple sendiri berjanji bakal memperbaiki bug yang menganggu ini pada update iOS selanjutnya. Tapi dari beberapa forum ditemukan cara untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan membongkar perangkat Apple tersebut dan melepas baterainya.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here