Tak disangka aplikasi pesan seperti WhatsApp memiliki beberapa fitur tersembunyi yang bisa Anda gunakan. Fitur-fitur tersebut pun memiliki kegunaan yang cukup menarik. Dilansir dari CNET, berikut ini 10 fitur tersembunyi dari WhatsApp:

whatsapp

1. Menulis dengan format miring, tebal, atau strike trough

Anda bisa menampilkan teks format miring(italic), tebal (bold) dan dicoret (strike through). Lakukan dengan memasukkan karakter khusus sebelum dan sesudah kata yang ingin Anda format. Gunakan karakter (*) untuk bold, karakter(_) untuk italic dan (~) untuk strike trough.

2. Tanda Bintang

Memberikan tanda bintang pada beberapa pesan yang dianggap penting seperti nomor telepon, alamat rumah atau artikel penting.

3. Dapatkan Rincian Pesan

Pernah bertanya-tanya kapan waktu pesan dikirim atau dibaca? Geser ke kiri untuk pengguna iPhone dan tekan lama lalu tekan “info” pada Android, maka Anda akan mendapat detail pesan tersebut.

4. Mute percakapan

Jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin notifikasi pesan dari mereka mengganggu, maka WhatsApp menghadirkan fitur ini sebagai jawabannya.

5. Sembunyikan “Last Seen”

Tidak ingin privasi Anda berupa kapan terakhir online terlihat? Anda bisa menyembunyikannya dengan buka Pengaturan> Account> Privacy>Last Seen

6. Menyembunyikan tanda “Read”

Tidak mau sesama pengguna WhatsApp tahu bahwa Anda sudah membacanya atau belum, Anda bisa menonaktifkan centang biru tersebut. Buka Settings > Account > Privacy dan centang pada kotak Read Receipts.

7. Tidak menyimpan foto dan video secara default

Sekarang Anda tak perlu khawatir bila foto dan video tersimpan secara default. Karena sekarang Anda bisa menonaktifkan dengan cara Pada iPhone, buka Setelan> Chatting dan mengubah Save Incoming Media menjadi Off. Sayangnya, ini adalah fitur lain yang tampaknya hilang dari Android.

8. Menggunakan WhatsApp di komputer

Gunakan aplikasi WhatsApp di komputer sangatlah mudah. Caranya kunjungi web.whatsapp.com pada komputer Anda, dan pindai kode QR dengan ponsel Anda.

9. Custom notifications

Alih-alih memberi tanda suara notifikasi yang sama pada semua pesan. Anda bisa menetapkan suara notifikasi khusus untuk setiap kontak.Caranya Pengguna Android harus tekan pada ikon Menu saat melihat thread chatting, diikuti oleh View Kontak> Custom Notifications.

Bagi Anda yang menggunakan WhatsApp pada iPhone, ketuk nama kontak saat melihat chat thread lalu Costum Notifications.

10. Ekspor Percakapan

Anda sekarang dapat mengekspor percakapan. Saat melihat percakapan, pengguna Android harus tekan pada tombol Menu diikuti oleh More> Email Chat.

Pada iPhone, lihat chat thread, tekan pada kontak di bagian atas layar, kemudian gulir ke bagian bawah halaman kontak dan memilih Ekspor Chat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here