Battlefield 3 merupakan sebuah game FPS dengan tema perang modern dari EA dan DICE yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari berbagai media, baik itu kategori sebagai Game terbaik untuk konsol dan PC versi Gamespot, IGN, dan lain-lain, Game yang paling ditunggu-tunggu, Game dengan grafis terbaik, Game dengan pertunjukan terbaik di E3 2011, dan sebagainya. Lantas apa yang membuat game FPS ini terlihat sangat keren dan menjadi pusat perhatian. Berikut ini kami rangkum dalam 10 hal yang membuat game Battlefield 3 terlihat keren dan sebagai game FPS terbaik.


1. Engine game terbaru, Frostbite 2
Dengan mengunakan engine game terbaru, Battlefield 3 tampil dengan visual yang hampir mendekati kenyataan, bahkan mampu menyajikan level permainan yang lebih luas serta animasi karakter dalam permainan yang bergerak dengan dinamis berkat mengunakan ANT teknologi yang kini digunakan pada game-game EA Sports terbaru. Sementara untuk versi konsol baik itu Playstation 3 dan Xbox360 akan berjalan pada resolusi 720p. Sementara untuk versi PC akan mendapatkan fitur ekstra, dimana akan dapat meningkatkan lagi resolusi tekstur hingga anti-aliasing yang lebih tinggi atau disebut setingan Ultra sehingga visual game bakal menjadi lebih halus dan lebih hidup. Tentunya untuk dapat menikmati setingan Ultra tersebut harus memiliki kartu grafis terbaru dan dukungan SLI. Oya… untuk versi PC juga akan mendukung 3D dengan mengunakan teknologi Nvidia 3D Vision dan ATI HD3D.

2. Full destruction dan rasakan medan peperangan sesungguhnya.
Dengan engine game generasi terbaru, Frostbite 2 dapat menampilkan jauh lebih banyak kerusakan yang terjadi pada lingkungan permainan. Melihat peluru yang berterbangan dan ledakan yang terjadi didepan kita, bakal membuat kita berlindung terus di balik objek. Namun objek yang menjadi tempat perlindungan dapat hancur jika ditembak terus menerus ataupun akibat dari ledakan. Tidak hanya menimbulkan lubang saja, sebuah bangunan dapat hancur dan roboh ke tanah dengan sebuah C4 serta kita dapat memanfaatkan reruntuhan bangunan tersebut untuk menimpa musuh ataupun puing bangunan dijadikan sebagai tempat perlindungan juga. Suara yang dinamis juga mendukung penuh dalam game ini membuat kita merasakan situasi medan peperangan yang sebenarnya. Dice juga mengungkap bahwa suara akan mengontrol visual, seperti saat suara ledakan muncul didekat kita maka visual layar akan bergetar.

3. Adanya single player campaign dengan gameplay yang tidak linear.
Maksud dari gameplay tidak linear ini adalah kita dapat menyerang suatu target dari beberapa sudut yang berbeda dengan begitu pemain dapat menentukan skenario taktik penyerangannya sendiri. Dari demo yang diperlihatkan narasi cerita masih kuat dalam membawa pemain dari satu point ke point berikutnya. Single player game ini berseting pada tahun 2014 yang mengisahkan cerita fiksi dengan tokoh karakter yang bernama Henry Blackburn atau dipanggil Black, seorang sersan marinir US yang memimpin timnya untuk mencari marinir US yang hilang dalam misi mencari senjata pemusnah masal. Dalam game ini, kita juga bakal memerankan beberapa karakter lain selain Black, untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda, situasi yang berbeda, dan kesan emosional dari karakter yang berbeda juga. Single player game ini akan berseting mulai dari Paris, New York hingga padang gurun Theran dengan waktu permainan yang mencapai hingga 6 atau 10 jam permainan. Wow…lebih lama dari Modern Warfare 2.


4. Terdapat Co-Op di Battlefield 3
Fitur kooperatif dalam game-game saat ini memang menjadi fokus penting bagi developer game karena kemudahan koneksi pada saat ini dan juga menambah pengalaman bermain yang semakin seru bersama dengan teman. Salahsatu fitur Co-Op dalam game ini adalah Man Down. Dimana saat temanmu sekarat kamu mesti menolongnya dan sementara temanmu yang sedang sekarat masih dapat mengunakan senjata sekunder untuk melindungi dirinya dari musuh dan dapat merangkak pelan-pelan ke tempat aman untuk melindungi dirinya dari serbuan peluru. Jadi tidak hanya bahu membahu membunuh musuh tapi juga bahu membahu saling melindungi. Jika keduanya dalam keadaan sekarat maka permainan akan berakhir. Dice juga menjanjikan tingkat kesulitan yang lebih menantang dalam mode Co-Op serta terdapat bonus yang dapat dibuka dan terdapat score online untuk memamerkan kepada teman-temanmu.

5. Tersedia empat kelas karakter yang lebih diperdalam.
Seperti pada Bad Company 2, Battlefield 3 juga menghadirkan 4 kelas yang memiliki karakteristik dan style bermain yang berbeda, yakni Recon, Assault, Support, dan Engineer. Pemain juga dapat mengkustomisasi karakternya dan membentuk squad dengan 4 anggota dan akan menerima squad bonus point saat berhasil menolong sesama anggota squad ataupun berhasil membunuh ketua squad musuh. Ketua squad juga memiliki kemampuan untuk memanggil serangan artileri dan bonus Mortal Strike dapat dibuka oleh setiap pemain yang mengunakan kelas Engineer.


6. Pelengkapan perang dan Kendaraan tempur modern.
Dalam Battlefield 3 banyaknya variasi senjata hingga sekitar 50 lebih jenis senjata yang meliputi pisau combat, pistol hingga rocket dan grenade launcher. Tiap senjata tersebut memiliki 3 slot untuk dipasang aksesoris, seperti contoh senjata rifle carbine dapat dipasang penahan goncangan, bipod, dan teropong pembesar 4 kali lipat. Hasil modifikasi senjata tersebut akan sangat menentukan kecepatan tembakan, akurasi tembakan, dan sebagainya. Kemudian kendaraan perang juga menjadi bagian terpenting dalam game ini. Pada Battlefield 3 kita dapat mengunakan helikopter, pesawat jet tempur, APC, kendaraan pengangkut cepat seperti Humvee, hingga tank modern saat ini. Kini kendaraan perang juga memiliki 3 slot aksesoris yang dapat dipasang, yaitu slot untuk senjata sekunder, slot untuk gadget, dan slot untuk upgrade. Kendaraan perang yang rusak dapat kabur kembali ke markas atau dipertahankan hingga selesai diperbaiki dan senjata yang menempel di kendaraan perang masih tetap dapat digunakan untuk melindungi infantri yang sedang memperbaiki kendaraan tempur tersebut. Serunya lagi setiap kendaraan perang yang rusak dapat memperbaharui armor sendiri dan prajurit dapat berlindung sementara dibalik kendaraan perang tersebut. Ini merupakan kabar baik untuk pemain yang mengunakan kelas Engineer menjadi tidak terpaku hanya untuk memperbaiki kendaraan perang yang rusak tapi dapat berfokus untuk melancarkan serangan juga.

7. Medan perang yang lebih besar dari yang pernah ada dan bakal ditambah melalui expansion.
Kita akan berperang di peta permainan yang mengambil seting lokasi yang mirip dengan dunia nyata. Lokasi tersebut meliputi kota metropolitan hingga padang gurun. Salahsatu contoh pada peta Operation Metro yang membawa kita berperang melewati taman kota, jalanan kota, hingga stasiun kereta bawah tanah. Serta terdapat juga beberapa peta dari game Battlefield 2 yang dikemas dalam DLC yang berjudul Back to Karkand. Tiap peta permainan akan memiliki 5 mode permainan yang dapat kita dipilih.


8. Multiplayer mode mencakup hingga 5 mode permainan.
Yakni Conquest, Rush, Team Deathmatch, Squad Deathmatch, Squad Rush. Untuk PC akan dapat menampung hingga 64 pemain sedangkan versi konsol akan dapat menampung hingga 24 pemain saja. Tiap peta permainan dapat diseting sesuai selera pemain, apakah hanya menampilkan kendaraan pengangkut saja dan kendaraan tempur tidak dimunculkan dalam permainan atau sebaliknya. Sedangkan untuk pemain yang menginginkan pengalaman yang lebih realistik dapat memilih mode Hardcore, walau resiko dan penghargaan yang diterima jauh lebih tinggi dibandingkan memainkan mode biasa. Dice juga menghadirkan kembali fitur Kill Cam yang dapat diseting on ataupun off sesuai selera pemain.

9. Battlefield 3 akan menghadirkan 10 kali lipat bonus yang dapat dibuka dibandingkan dengan Battlefield Bad Company 2.
Yup… Gamer bakal disibukan untuk terus bermain agar dapat membuka bonus-bonus yang tersedia, mulai dari senjata, aksesoris senjata, gadget, hingga kendaraan tempur. Disamping dari itu, kita juga akan mendapatkan penghargaan seperti medali, pins, dan ribbons dengan mengunakan sistem yang terdapat pada Battlefield 2, seperti contoh kita mengunakan kelas karakter US Marine dan telah bermain selama 100 jam maka kita bisa mendapatkan medali US Service. Serta terdapat sekitar 350 lebih dogtags yang dapat dipersonalisasi.


10. Battle Log, memberikan pengalaman sosial gaming yang mengasikan.
Battle Log ini memiliki sistem kerja yang hampir mirip dengan news stream dari Facebook. Semua performa yang kita lakukan di game Battlefield 3 akan terekam dan dapat dilihat oleh semua pemain game ini. Battle Log ini dapat memacu pemain untuk saling berkompetisi saat melihat peringkat teman-temannya naik ke posisi teratas, melihat banyaknya penghargaan yang telah didapati oleh teman dan belum kita dapatkan, atau memamerkan senjata keren yang telah kita dapatkan kepada teman-teman. Apalagi Battle Log ini disediakan secara gratis dan mendukung cross-platform. Hebatnya lagi Battle Log ini dapat dibuka dari berbagai browser seperti Internet Explore 8, Google Chrome, ataupunĀ  Firefox.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here