Tanggal 10 November kemarin ternyata tak hanya menjadi hari yang bersejarah bagi Indonesia, sebagai peringatan hari pahlawan. Pada tanggal tersebut, sistem operasi Windows milik Microsoft ternyata juga sudah genap berusia 30 tahun.

Bill Gates sebagai pendiri Microsoft pertama kali mengumumkan Windows 1.0 pada 10 November 1983. Namun pihak Microsoft mulai menjual sistem operasi tersebut dua tahun setelahnya, yakni pada November 1985. Dan tentu saja tampilan Windows versi pertama sangat jauh berbeda dengan yang saat ini ada di pasaran.

http://www.youtube.com/watch?&v=tGvHNNOLnCk

Pada versi awalnya, Windows sangat jauh berbeda dengan interface Mac Apple. Hal ini dilakukan oleh Microsoft untuk menghindari adanya pertikaian hak paten. Sistem operasi Windows versi pertama itu pun tak dilengkapi dengan manajemen file GUI, seperti yang ada saat ini.

Meskipun begitu, Microsoft sudah memberikan beberapa fitur sebuah sistem operasi serta fungsionalitas yang saat ini umum digunakan. Di antaranya adalah built-in kalender, jam, text, editor bitmap, clipboard, game reversi dan lain-lain. Namun Windows tak menjadi sistem operasi populer sampai pada versi Windows yang dirilis pada pertengahan 1990.

Sejak itu, Sistem operasi Windows milik Microsoft pun mulai booming. Dan Microsoft pun terus getol meluncurkan sistem operasi populer lainnya, di antaranya adalah Windows 3.1, Windows 98SE, Windows XP dan Windows 7. Di antaranya, tentu saja terdapat beberapa produk yang bisa dianggap cukup gagal, seperti Windows ME, Windows Vista ataupun Windows 8.

via Hexus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here