kredit: nationalcybersecurity

Kejahatan di dunia cyber dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Bahkan dalam jangka dua tahun terakhir, terdapat 100 bank di berbagai belahan dunia yang telah menjadi korban kejahatan dunia maya. Para hacker pun berhasil menjarah uang sebesar 1 miliar USD dari semua bank tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kaspersky dalam laporan terbarunya. Dari laporan tersebut, diungkapkan kalau aksi penjarahan cyber terhadap 100 bank tersebut dilakukan oleh sebuah kelompok hacker internasional yang disebut dengan nama Carbanak.

kredit: nationalcybersecurity
kredit: nationalcybersecurity

Dalam melakukan aksinya, para hacker ini melakukannya dengan memanfaatkan email para nasabah bank. Email tersebut dimodifikasi dan selanjutnya pada saat dibuka akan mengaktifkan sebuah aplikasi berbahaya. Aplikasi itu pun memungkinkan hacker untuk mengakses jaringan internal bank serta CCTV.

Kaspersky mengungkapkan kalau video CCTV itu selanjutnya dipakai untuk mempelajari bagaimana proses kerja bank. Dengan begitu, para hacker pun bisa memanfaatkan celah yang ada dalam proses kerja dan transaksi yang dilakukan oleh pihak bank.

via Neowin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here