Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia diramaikan dengan sebuah program investasi bernama Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) yang kadang juga diartikan menjadi Manusia Membantu Manusia oleh para pesertanya. Dan kini, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun telah melakukan permintaan secara resmi kepada Kominfo untuk menutup akses ke situs-situs terkait program arisan berantai tersebut.

Situs-situs MMM Indonesia dianggap masuk dalam kategori Panel Investasi Ilegal, Penipuan, Obat Makanan, Perjudian dan Narkoba. Total, terdapat 20 situs MMM Indonesia yang bakal diblokir oleh pihak Kementerian Kominfo. Hal ini diucapkan oleh Kahumas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu seperti dikutip dari Detik. Berikut ini adalah 20 situs MMM Indonesia yang dimaksud:

mmm blokir

  1. Indonesia-mmm_net
  2. mmmindonesialegal.com
  3. klikmmm.com
  4. websupportmmm.com
  5. bisnismavro.com
  6. mmmindonesiaclub.com
  7. mmmindonesian.com
  8. bisnis3m.com
  9. mmmindonesia1.com
  10. mmmlovers.com
  11. mmmindo.com
  12. lk.sergeymavrodi.com
  13. lk.sergey-mavrodi-mmm.org
  14. mmmcommunity.net
  15. mmmindonesia9.com
  16. mmm-dotinfo.com
  17. mmmincome.com
  18. 2012.sergey-mavrodi.ms
  19. 2012.sergey-mavrodi-mmm.net
  20. 2012.sergeymavrodi.com.

Lalu apa yang dijadikan dasar untuk penutupan situs-situs tersebut? Pihak Kominfo menjelaskan kalau MMM dianggap tidak mempunyai badan hukum yang jelas. Terlebih mereka menyelenggarakan transaksi keuangan secara elektronik. Selain itu, MMM juga dianggap sebagai organisasi yang tidak jelas. Dan hal ini tentu saja merujuk pada kecurigaan adanya praktek penipuan.

via Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here