Perang di dunia modern saat ini tak hanya terjadi di dunia nyata. Perang juga bisa terjadi di dunia maya. Hal tersebut pun dibuktikan dengan banyaknya serangan yang dilakukan oleh para hacker terhadap fasilitas dunia maya yang dimiliki oleh perusahaan ataupun negara.

serangan cyber

Melihat kondisi seperti itu, tidak mengherankan kalau sebuah negara harus mempunyai pasukan pengamanan dunia cyber tersendiri. Dan negara Jepang pun menyadari betul akan pentingnya pengamanan tersebut. Oleh karena itu, mereka pun melakukan latihan keamanan cyber.

Latihan keamanan cyber tersebut dilakukan Jepang untuk mengantisipasi event Olimpiade Musim Panas 2020 yang diadakan di Tokyo. Total sebanyak 21 lembaga pemerintah dan perusahaan swasta terlibat dalam pengamanan dunia maya tersebut.

Dalam latihan bersama tersebut, sebanyak 100 orang turut berpartisipasi untuk menyerang beberapa fasilitas dunia maya milik kementerian Jepang. Tak hanya melakukan penyerangan, peserta latihan ini juga diharuskan untuk menganalisis kerusakan yang terjadi, mengumpulkan data hingga membagikan informasi yang relevan.

via AFP