Para peneliti angkasa di European Space Agency (ESA) berhasil menemukan benda angkasa yang memiliki material pembangun hampir sama dengan bumi. Benda angkasa tersebut adalah sebuah asteroid yang memiliki nama 21 Lutetia.

Jika ditilik dari sejarah penciptaan tata surya, para peneliti menyimpulkan kemungkinan terdapat benda angkasa yang memiliki materi pembangun yang sama dengan bumi sangatlah besar. Mereka mengatakan, tak lama setelah matahari terbentuk, protoplanet disk yang mengelilinginya mulai menyatu.

Dari proses penyatuan tersebut, tak jarang terbentuk gumpalan yang berukuran lebih besar yang selanjutnya menjadi sebuah planet. Dan sebagian lainnya berubah wujud menjadi asteroid.

Sebenarnya temuan ini bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, para peneliti di NASA telah menemukan hal yang serupa. Dengan menggunakan teleskop yang dimilikinya, mereka mengungkapkan terdapat tiga planet yang memiliki susunan material pembangun yang sama, yakni bumi, venus dan merkurius. Selain itu, para peneliti di NASA inipun mengungkapkan hal serupa, bahwa 21 Letutia ini memiliki karateristik material pembangun yang sama dengan bumi.

Berdasarkan hasil pengamatan, asteroid ini memiliki orbit di Inner Asteroid Belt (IAB). Lebih tepatnya, posisi orbit asteroid ini terletak di antara orbit planet Mars dan Jupiter.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here