asus-chromebook-flip

chromebook android

Walaupun telah mulai diperkenalkan di dunia sejak tahun 2011, Chromebook yang mengadopsi ChromeOS dari Google, hingga kini masih belum populer di Indonesia. Padahal di negara maju, respon terhadap Chromebook sudah sangat positif, bahkan sampai ditunggu-tunggu kehadiran perangkat terbarunya.

Beberapa penyebab terlambatnya publik Tanah Air untuk mengenal Chromebook salah satunya adalah infrastruktur dan koneksi internet yang masih terbatas. Hal ini menjadi hambatan mendasar sebab Chromebook memang mengusung teknologi Cloud Computing yang menggunakan internet sebagai akses untuk menyimpan data di Cloud.

Lalu, bagaimana dengan tahun 2017? Apakah keadaan di Indonesia ini masih sama? Tentu saja tidak!

Sebab itulah beritateknologi.com ingin berbagi pendapat, tentang 5 Alasan kenapa kamu harus mulai merilik Chromebook di Tahun 2017. Berikut beberapa alasannya:

Bentuk Fisiknya Mendukung Mobilitas Tinggi

Sekarang ini banyak orang bekerja tanpa duduk diam di meja kantor, ataupun membuat tugas kuliah dan belajar sambil berdiskusi di ruang terbuka. Artinya, sudah bukan zamannya membawa laptop seberat batu bata ke mana saja. Ini merupakan zaman dimana laptop berat cukup stand by, hanya digunakan ketika di rumah atau di kantor saja.

chromebook-plus-3

Semua tipe Chromebook pada dasarnya bisa berbobot sangat ringan. Salah satunya karena Chromebook menggunakan penyimpanan utama lewat Cloud dan tidak dibekali Local Disk bawaan. Hal ini bisa membuat Chromebook hanya berbobot di kisaran 0,9 sampai 1 Kg. Ringan bukan?

Setelah itu, Chromebook punya integrasi dengan perihal aplikasi atau password dengan Chrome browser di komputer lain. Jadi, jika menggunakan Chromebook saat bekerja di luar, kita dapat melakukan sinkronisasi semua data untuk Chrome browser di rumah atau kantor secara otomatis.

Jutaan Aplikasi Android Bisa Terpasang!

Sudah dikonfirmasi oleh Google, semua tipe Chromebook yang keluar di tahun 2017 akan bisa diinstall aplikasi Android di Play Store. (Baca: Hore! Semua Chromebook Terbaru Bakal Mendukung Aplikasi Android)

Hal ini bisa sangat meningkatkan pamor Chromebook. Sebab kita tahu, kebanyakan user lebih suka memilih gadget yang multifungsi. Alhasil pilihan akan banyak tertuju pada Chromebook yang bisa dilipat atau digunakan layaknya Tablet. Pengguna bisa mendapatkan sensasi gadget Android sekaligus performa komputer dalam satu perangkat.

kredit: François Beaufort

kredit: François Beaufort

Performa Ngebut! Tapi Baterai Tetap Awet

Bagi yang belum mengetahui, Chromebook menggunakan ChromeOS yang sangat ringan. Menyasar pengguna yang pekerjaannya online atau menghabiskan banyak waktu di internet. Apalagi dengan pekerjaan yang menuntut untuk sering bepergian.

Sebab itulah kecepatan dan daya tahan menjadi daya pikat utama Chromebook. Betapa tidak? Kebanyakan Chromebook sudah siap digunakan dalam waktu hanya 8 detik saja. Sedangkan daya tahan baterainya, minimal bisa bertahan 9 sampai 13 jam digunakan terus-menerus tanpa charging.

Keamanan Data Terjaga

Setiap orang pasti pernah merasakan bagaimana jika file kita terkena virus di flashdisk atau komputer Windows. Pasti sangat jengkel, tapi tidak bisa berbuat banyak.

Nah, Chromebook yang berbasis Cloud membuat file kita tersimpan lebih aman. Tidak perlu khawatir file rusak karena bad sector, atau keadaan fisik lain, juga tidak perlu khawatir dokumen bisa tertinggal. Chrome OS memiliki perlindungan virus dan malware built-in, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang file berbahaya bila menggunakan Chromebook.

Cloud Computing = Teknologi Masa Depan

Segala hal tentang internet membuat segala hal tentang perkembangan teknologi pasti berjalan ke arah sana. Kita tidak perlu lagi mengakses segala sesuatu lewat sarana penyimpanan yang bisa hilang atau rusak. Mobilitas menjadi hal utama ketika bicara tentang teknologi masa depan.

asus-chromebook-flip

Apalagi kita tahu bagaimana perkembangan para developer aplikasi di Android. Mereka berlomba-lomba membuat aplikasi seringan mungkin, dan kita tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi untuk menggunakannya. Kita hanya perlu mengaksesnya menggunakan perangkat super responsif untuk menjalankan berbagai perintah. Ya, seperti Chromebook.

Tetapi semua kembali kepada pribadi masing-masing. Tapi di tahun 2017 ini, bila kebutuhan akan mobilitas dan kemampuan efisiensi kerja menjadi yang paling dominan, pikirkan Chromebook untuk menjadi pilihan utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here