Jumlah pengguna internet di Cina kini mencapai angka yang sangat fantastis. Pada tahun 2013, total terdapat sebanyak 618 juta orang yang tercatat mempunyai akses ke internet. Selain itu, menurut catatan dari China Internet Network Information Center (CNNIC), hampir 80 persen di antaranya mengakses internet dari perangkat mobile.

internet di cina

Tingkat penggunaan internet di Cina pun meningkat sebesar 9.5 persen jika dibandingkan tahun 2012. Selain itu, porsi 80 persen tersebut mencapai angka sebesar 500 juta orang. Sementara mereka yang mengakses internet dari smartphone mencapai angka 250 juta orang.

Angka tersebut pun kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini karena sebagian besar pengguna internet di Cina masih berusia muda. Menurut catatan CNNIC, hampir 55 persen pengguna internet Cina berusia kurang dari 30 tahun.

Pada tahun 2013 juga menandai mulai meningkatnya permintaan terhadap aplikasi messaging seperti WeChat. Mereka pun mulai meninggalkan akun micro blogging seperti Sina Weibo dan sejenisnya. Namun kabar baiknya, pada tahun 2013 pengguna internet Cina menghabiskan banyak uang secara online.

via ZDnet