Selain menjailbreak iPhone 4S dan iPad 2 dengan cara yang kami sebutkan disini, kini ada sebuah program yang diberi nama Absinthe A5 yang berhasil membuat dua perangkat Apple terbaru dengan iOS versi 5 tersebut di-jailbreak dengan sempurna. Absinthe A5 dirilis oleh kelompok “underground” Chronic Dev Team dan iPhone Dev Team, pada Jumat (20/1/2012).

Sebelumnya, para “pengoprek” kesulitan membongkar pertahanan dua perangkat Apple itu karena keduanya menggunakan prosesor keluaran terbaru, Apple A5. Biasanya, setiap kali Apple merilis produk mobile baru tak lama akan muncul program/cara untuk men-jailbreak-nya. Namun, tak berlaku untuk iPad 2 dan iPhone 4S.

Program jailbreak Absinthe A5 tersebut berhasil memikat perhatian penggemar Apple yang suka mengutak-atik gadget mereka. Baru tiga hari dirilis, Absinthe A5 sudah diunduh hampir 1 juta kali. Tiga hari kemudian, Senin (23/1/2012), kelompok ini melaporkan bahwa Absinthe A5, telah digunakan untuk jailbreak 491.325 perangkat iPhone 4S, 308.967 iPad 2, dan 152.940 iPad 2S.

Proses jailbreak dapat memberi beberapa keuntungan. Misalnya, performa perangkat Apple Anda akan lebih cepat karena Anda dapat menghapus aplikasi bawaan yang dianggap kurang penting. Anda juga bisa menikmati aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga (Cydia) yang tidak disetujui Apple.

Jika Anda merasa perangkat yang sudah di-jailbreak kurang nyaman digunakan, maka Anda dapat mengembalikan kondisi seperti semula melalui restore dari iTunes. Namun hati-hati,  jailbreak akan menghilangkan garansi resmi dari Apple.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here