Asus memang sudah mengumumkan bahwa mereka tidak akan melanjutkan produksi netbook Asus Eee PC miliknya. Mereka beralasan bahwa para konsumen lebih memilih tablet dibanding netbook. Namun hal ini disanggah oleh Acer.

Melalui Chairman sekaligus CEOnya, J.T Wang mengatakan bahwa Acer masih akan terus melanjutkan produksi netbook. “Mereka (netbook) belum habis. Bagaimana bisa mereka mati?” ujarnya dalam sesi wawancara dengan Wall Street Journal.


Tingkat penjualan netbook dari periode ke periode memang terus mengalami penurunan. Menurut data IDC, tingkat penjualan netbook di Amerika Serikat mengalami penurunan yang konstan dari 2.3 juta unit pada Q1 2010 menjadi 800 ribu unit pada Q4 2011. Sementara di Amerika Selatan dan Eropa tengah, Timur Tengah dan Afrika, tingkat penjualan netbook sedikit mengalami kenaikan. Namun secara keseluruhan, tingkat penjualan netbook di dunia mengalami tren negatif.

Beberapa produsen elektronik selain Asus pun telah mengumumkan untuk tidak melanjutkan penjualan netbook. Toshiba mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menjual netbook di Amerika Serikat. Dell pun melakukan hal serupa. Sementara Lenovo dilaporkan telah menghapus semua netbook 10 inci miliknya dari daftar penjualan via situs onlinenya.

(Via PC World)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here