Chromebook kini menjadi alternatif laptop dengan harga yang murah. Acer pun kini telah menyediakan tiga produk Chromebook terbarunya ke tanah air. Tiga produk tersebut adalah Chromebook 11, 14, dan R11. Menengok namanya, tentu saja Chromebook ini bukanlah produk berbasis Windows, melainkan laptop dengan sistem operasi Chrome.

acer-chromebook-14
Acer Chromebook 14

Seperti halnya di negara lain, tiga produk Chromebook dari Acer ini ditujukan untuk segmen pendidikan. Jadi, pihak Acer tidak akan menyediakan tiga perangkat terbarunya ini untuk khalayak umum, melainkan dipasarkan secara business to business (B2B). Dan, ketiga laptop ini menawarkan harga yang cukup murah.

Dikutip dari Kompas Tekno, Chromebook 11 dan 14 dipatok dengan harga masing-masing Rp3,399 juta dan Rp3,999 juta. Sementara itu, Chromebook R11 yang menawarkan desain berbeda, memiliki banderol jauh lebih mahal, yakni di angka Rp4,799 juta rupiah.

Acer Chromebook R11
Acer Chromebook R11

Ketiga laptop berbasis Chrome OS ini sama-sama memakai prosesor berbasis Intel Celeron. Kalau Chromebook 11 dan 14 memiliki desain seperti layaknya laptop biasa, maka Chromebook R11 punya desain konvertible. Laptop ini juga menggunakan layar sentuh berukuran 11,6 inci. Bisa dipakai sebagai laptop ataupun tablet.

acer-chromebook-11
Acer Chromebook 11

Chromebook 14 mengandalkan layar berukuran besar 14 inci yang punya resolusi Full HD. Selain itu, terdapat pula RAM berkapasitas 4GB sebagai pendukung performa. Sementara itu, untuk sarana penyimpanan tersedia memory internal 32GB. Sementara itu, Chromebook 11 memberikan spesifikasi yang paling rendah, dengan layar 11,6 inci beresolusi 1366 x 768 piksel. Di dalamnya terdapat RAM sebesar 2GB dan memory internal 16GB.

Seperti halnya Chromebook lain, ketiga Chromebook ini memang lebih mengandalkan penyimpanan berbasis cloud. Selain itu, tersedia aplikasi Google Management Console & Apps fo Education dan Acer Classroom manager di setiap Chromebook.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here