Software Adobe Photoshop awalnya digunakan hanya untuk editing foto, namun kini telah berkembang untuk mendesain sebuah website atau aplikasi mobile. Namun perusahaan Adobe System kini akan lebih memanjakan desainer web atau aplikasi mobile dengan software baru yang bertajuk Adobe Comet.

Adobe Comet Preview (Kredit: Adobe)
Adobe Comet Preview (Kredit: Adobe)

Aplikasi ini diharapkan akan meluncur awal tahun 2016 ini dan akan tersedia sebagai versi preview. Software ini memiliki kelebihan untuk memudahkan desainer melakukan drag and drop teks atau elemen grafis lainnya untuk membangun sebuah aplikasi mobile, baik untuk smartphone maupun tablet

Setelah desain tersusun rapi, desainer dapat memprogram bagaimana aplikasi akan benar-benar berinteraksi, sebagai contoh layar akan menampilkan sebuah objek ketika seseorang menyentuh sebuah tombol di layar.

Dengan software baru ini, para desainer maupun programer dapat melalukan semua aktivitas dalam membangun sebuah aplikasi mobile atau sebuah website dalam satu software, mulai dari wireframing, membuat desain antarmuka, dan menghasilkan sebuah prototipe.

Adobe Comet Preview (Kredit: CNET)
Adobe Comet Preview (Kredit: CNET)

Menurut survei yang telah dilakukan oleh Khoi Vinh, selaku desainer utama Adobe, para desainer aplikasi saat ini cenderung menggunakan beberapa software untuk membuat sebuah aplikasi. Sebagai contoh, para desainer menggunakan Sketch dari Bohemian Coding atau Illustrator untuk wireframing. Sedangkan untuk prototyping, sebagian besar dari mereka menggunakan HTML/ CSS.

Ini berarti, jika Adobe Comet meluncur dengan membawa apa yang mereka janjikan (fitur) maka ini akan menjadi sebuah pemecahan masalah desain untuk aplikasi mobile dan website. Selain itu, Adobe Comet juga dapat berdampingan dengan baik bersama Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator, sehingga elemen-elemen dari kedua software tersebut dapat digunakan pada Adobe Comet.

Adobe Comet juga memiliki fitur Live Preview, di mana software dapat terhubung langsung dengan perangkat, sehingga desainer dapat langsung mengetahui hasil desainnya ketika diterapkan pada smartphone maupun tablet secara langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here