Bagi para animator, pasti tidak asing dengan program Flash dari Adobe. Software yang dulunya lebih sering dikenal dengan nama Macromedia Flash atau Adobe Flash Profesional ini memang menjadi software andalan para animator. Namun kini Adobe baru saja merilis versi baru dari Adobe Flash Profesional.

animate-cc-0

Tidak hanya memperbarui software Adobe Flash Profesional, namun juga berubah nama menjadi Adobe Animate CC. Dikutip dari TechCrunch, Rabu (10/2/2016), dikatakan bahwa Adobe tidak hanya merubah namanya saja, namun juga memberikan beberapa fitur terbaru, yang kini menjadi keluarga Creative Cloud.

Seperti produk Adobe lainnya, Adobe Animate CC kini mendukung Creative Cloud Libraries yang berfungsi untuk berbagi konten dengan produk Adobe lainnya, dengan pengguna komputer yang berbeda. Bahkan kini para animator dapat mengimpor langsung file video beresolusi 4K.

Tampilan Adobe Animate CC
Tampilan Adobe Animate CC

Adobe mengatakan bahwa pada sepertiga program Flash Profesional adalah untuk HTML5, sehingga penamaan Flash terkesan sudah tidak relevan lagi sekarang. Apalagi penggunaan HTML5 sekarang sudah menjadi standar di beberapa situs. Pihak Adobe juga menambahkan bahwa sekarang HTML5 ini bisa menggantikan peran Flash.

Adobe Muse CC, cocok bagi Anda yang tidak bisa koding
Adobe Muse CC, cocok bagi Anda yang tidak bisa koding

Selain itu, Adobe juga memperkenalkan Muse CC, sebuah program web desainer. Software ini cocok untuk Anda yang ingin membuat sebuah web namun terkendala dengan tidak paham dengan koding seperti PHP dan HTML. Dengan adanya Muse CC, para web desainer dapat membuat sebuah situs yang responsif, sesuai dengan kehendak mereka. Muse CC ini juga sudah terintergrasi dengan Adobe Creative Cloud, seperti Animate CC.

Sudah mencoba kedua program baru Adobe di atas?

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here