Siapa bilang smartphone yang mengedepankan fitur privasi atau keamanan data hanya dimiliki oleh smartphone dari brand luar negeri saja? Smartphone lokal Indonesia kini juga mulai melirik fitur keamanan data dengan menghadirkan smartphone yang dilengkapi dengan tambahan software keamanan. Salah satunya adalah Advan G1 Pro yang kini sudah tersedia untuk penjualan.

Smartphone ini hadir dengan sensor fingerprint yang diklaim mampu membuka kunci smartphone dalam waktu 0,3 detik, dan adanya sensor ini juga membuat keamanan smartphone lebih tinggi. Sementara secara software, Advan bekerjasama dengan perusahaan keamanan data 360 Security untuk membuat Advan Security.

Software ini memiliki beberapa tugas, yakni memantau aplikasi mana saja yang menguras data, baterai, dan memori, serta dapat membersihkan sampah untuk membuat memori lebih lega. Tak hanya itu saja, software ini juga sebagai pelindung dari serangan virus atau malware, serta semakin membuat transaksi mobile dan berbelanja online lebih aman.

Tak hanya itu saja, ada juga fitur Xlocker yang mengandalkan pemindaian wajah untuk mengunci lockscreen atau aplikasi tertentu dengan wajah pengguna. Sementara jika ada orang yang iseng hendak mengakses smartphone Anda dan gagal beberapa kali saat memasukan password atau mengakses fingerprint, maka secara otomatis smartphone akan menangkap foto wajah orang tersebut.

Ada tambahan Privacy System yang fungsinya untuk membuat ruang rahasia tersendiri pada smartphone Anda. Fitur ini cocok bagi Anda yang ingin mengamankan data-data penting yang ada pada perangkat ke ruang khusus yang hanya bisa Anda akses sendiri. Ada dua cara mengakses fitur ini, yang pertama via ikon aplikasi Privacy System yang kemudian disusul dengan password. Sementara cara kedua melalui dial-pad, dimana Anda harus memasukan kombinasi *, angka, dan # (contoh *1234#).

Sedangkan secara desain smartphone ini terlihat cukup bereda dari pendahulunya, yakni Advan G1. Bagian yang paling terasa perbedaanya adalah bagian belakang. Sementara untuk desain bagian depan terlihat cantik dengan lapisan kaca 2.5 yang melengkung. Namun ketika layar dihidupkan akan terlihat black border di pinggiran layar yang cukup mengganggu.

Untuk spesifikasinya, tidak berbeda dengan pendahulunya. Advan G1 Pro masih ditenagai oleh chipset MediaTek quad-core 1.4GHz dan GPU Mali T720 yang disandingkan dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yang masih bisa diperluas menggunakan microSD. Smartphone ini memiliki slot dual SIM nano 4G hybird, dimana SIM 2 bisa digantikan oleh microSD jika diperlukan.

Untuk fotografinya, Advan G1 Pro dibekali dengan kamera utama 13MP dengan LED flash, sementara kamera depannya beresolusi 8MP. Sementara untuk baterainya hanya sebesar 2.600mAh dan menjalankan IDOS yang berbasis Android Marshmallow. Kelebihan lain sebagai smartphone lokal adalah, hadirnya sensor giroskop dan magnetik, yang memungkinkan perangkat ini menjalankan aplikasi VR. Untuk harganya, smartphone ini dibanderol seharga Rp1.799.000 dan dapat dibeli di e-commerce Lazada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here