Selama ini kita mungkin telah mendengar mobil yang bisa terbang, tapi masih dalam prototipe, AeroMobil merupakan salah satu produsen mobil yang bisa bertransformasi menjadi pesawat terbang yang prototipenya telah siap untuk dijual dan tak lama lagi digunakan untuk bepergian dalam dunia nyata (AeroMobil versi 3.0 telah mendekati produk final).

aeromobil-3

Model AeroMobil 3.0 tergolong keren baik dalam bentuk mobil atau saat bertranformasi menjadi pesawat terbang di mana sayapnya yang terlipat keluar sebagai mana pesawat terbang umumnya. AeroMobil 3.0 merupakan produk negara Slovakia dan merupakan hasil karya dari insinyur bernama Stefan Klein, dan telah mendapat sertifikasi Slovak Federation of Ultra-Light Flying di mana bulan ini akan menjalani test terbang reguler final.

Walau dengan mobil kita bisa menjelajah ke mana-mana tapi keterbatasan infrastruktur di dunia terutama di negara-negara berkembang masih sangat kurang sehingga kehadiran mobil terbang ini akan sangat membantu kita untuk mencapai tempat yang tidak dimungkinkan kita capai sebelumnya.

AeroMobil dilengkapi peralatan sebagaimana layaknya sebuah pesawat terbang seperti sistem autopilot dan parasut dan dapat mencapai kecepatan  124 mph dalam mode pesawat (100 mph dalam mode mobil).

Tapi mobil terbang ini sepertinya tidak cocok digunakan di kondisi perkotaan yang ramai dan lebih cocok digunakan di area pinggir atau pedesaan di mana banyak area yang tidak memiliki infrastruktur jalan yang memadai.  Apabila melihat mobil terbang ini, mungkin ada dari kita berpikir kalau penemuan semacam ini “wajar dan mudah” di era teknologi yang serba canggih sekarang ini, tapi ternyata pengembangan mobil ini telah berlangsung selama 25 tahun! Suatu usaha yang benar-benar memerlukan ketekunan dan keuletan kuat dari pembuatnya.

Sebenarnya memang mobil terbang AeroMobil 3.0 bukan satu-satunya di dunia, kami pun pernah membahas Terrafugia Transition, PAL-V ONE serta konsep Mobil Terbang dari Volkswagen

Silakan lihat gambar-gambar/foto dari AeroMobil 3.0 berikut ini (klik utk melihat gambar lebih besar):


Dan Anda bisa melihat mobil ini bertransformasi dan beraksi di udara pada video berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here