(Kredit: TechCrunch)

Layanan musik streaming, Spotify memang sudah lama malang melintang di dunia industri musik sejak beberapa tahun yang lalu dan sudah 2,5 tahun Spotify mulai merambah ke pasar Asia. Setelah merambah beberapa negara Asia, kini giliran Indonesia yang akan mendapat layanan musik ini.

(Kredit: TechCrunch)
(Kredit: TechCrunch)

Spotify mengumumkan kabar ini melalui akun Twitter resmi bahwa mereka akan memasuki dan memulai layanannya di Indonesia pada tanggal 30 Maret mendatang. Selain melalui Twitter, berita tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Managing Director Spotify untuk wilayah Asia, Sunita Kaur.

Indonesia tidak menjadi satu-satunya negara yang kebagian layanan ini, Spotify juga akan hadir di negara Jepang, karena industri musik di negeri matahari terbit ini sedang berkembang dengan pesatnya. Namun belum diketahui kapan tanggal kepastian layanan ini akan mulai berjalan di Jepang.

“Kami akan segera hadir di seluruh Asia pada akhirnya. Kami sudah memiliki tim di Jepang meski belum ada konfirmasi tanggal peluncurannya di pasaran,” ujar juru bicara Spotify seperti yang dikutip dari TechCrunch, Senin (21/3/2016).

Dipilihnya Indonesia sendiri karena negara ini memiliki populasi terbesar keempat dengan hampir sebagian besar masyarakat di perkotaan sudah menggunakan smartphone. Selain itu, angka penjualan smartphone di Indonesia juga mengalami penginkatan yang sangat signifikan. Saat ini, spotify sudah memiliki lebih dari 75 juta pengguna yang mana 20 juta di antaranya membayar untuk layanan musik.

Namun langkah Spotify di Indonesia tak akan mudah, pasalnya Spotify akan bersaing dengan Apple Music, Deezer, Guvera, dan Joox. Dengan adanya banyak kompetitor, Spotify dituntut harus memiliki inovasi agar pengguna layanan musik lain mau berpindah ke layanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here