A man puts a card into an ATM in North Carolina last year. A recent study found that nearly a third of American consumers have reported credit card fraud in the past five years.

Akhir bulan adalah minggu yang selalu dinanti oleh para pekerja, bagaimana tidak, pada akhir bulan biasanya para pekerja rajin melihat saldo tabungan melalui ATM, apakah sudah menerima gaji dari tempat mereka bekerja. Namun pernahkah Anda mengalami kejadian dimana saat ingin mengambil uang atau melihat isi saldo tabungan Anda, tapi tiba-tiba kartu ATM anda hilang tak ada di dompet? Pasti panik rasanya karena kartu ATM tersebut adalah salah satu penyelamat keunganan Anda.

Hal di atas tidak akan terjadi lagi di akhir tahun ini. Dikutip dari Mashable, Jumat (29/1/2016), disebutkan bahwa salah satu Bank besar di Amerika Serikat, JP Morgan Chase, akan memperbarui mesin ATM mereka pada akhir tahun ini. Yang menarik adalah pada mesin ATM yang baru nantinya akan mendukung pengambilan uang tunai melalui sebuah perangkat smartphone.

Pihak JP Morgan Chase mengatakan bahwa nanti para nasabah yang ingin mengambil uang tunai dari ATM dengan menggunakan perangkat smartphone, akan dikirimkan sebuah kode acak melalui pesan singkat. Pastinya nomor telefon tersebut haruslah sudah didaftarkan lebih dahulu ke pihak bank.

Tidak hanya itu, dengan mengambil uang tunai di mesin ATM menggunakan smartphone, limitasi penarikan juga meningkat, yang mana pada jam kerja para nasabah JP Morgan Chase dapat mengambil uang tunai hingga 3.000 USD atau sekitar 40 juta Rupiah.

ATM Chase (Kredit: Gettyimage)
ATM Chase (Kredit: Gettyimage)

Pihak JP Morgan Chase juga mengatakan bahwa mereka juga ingin mengembangkan teknologi pada mesin ATM mereka nantinya. Sehingga tidak perlu menggunakan kode acak lagi, namun menggunakan jaringan NFC, yang sudah ada pada smartphone kebanyakaan saat ini. Diperkirakan teknologi ini akan diterapkan pada tahun 2018.

Jadi para nasabah Bank JP Morgan Chase nantinya tidak perlu khawatir bila kartu ATM mereka hilang, asal smartphone yang akan digunakan untuk mengambil uang tidak ikut hilang juga. Jika di Indonesia sendiri bagaimana ya? Apakah ada bank yang tertarik meng-upgrade mesin ATM-nya seperti bank JP Morgan Chase?

(ND/Mashable)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here