samsung-iphone

Siapa penguasa pasar ponsel di tahun 2016? Semua pasti bingung menjawab antara Samsung atau Apple. Tetapi dengan keluarnya laporan pangsa pasar ponsel dari Gartner pada kuartal 4 tahun 2016, kita bisa melihat dengan jelas siapa berdasarkan data.

Ternyata pada kuartal 4 tahun tahun 2016 (Q4 2016), Apple berhasil memimpin dengan selisih tipis! Hanya terpaut 0.1 persen dan selisih penjualan per unit yang hanya sebanyak 256 ribu unit.

data-smartphone-q4-2016

Apple patut berterimakasih terhadap penjualan dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang membawa mereka berhasil menduduki posisi teratas. Sebelumnya, Apple tak pernah menang dari Samsung sejak Q4 2014. Fenomena ini dinilai sebagai awal kebangkitan Apple untuk terus menduduki pangsa pasar smartphone terbesar di dunia.

Tetapi fenomena ini terjadi bukan hanya karena kehebatan Apple saja. Faktor meledaknya Galaxy Note 7 dan turunnya pemasokan di Amerika Utara dan Eropa Barat, Australia dan Korea Selatan sendiri menimbulkan menurunnya performa Samsung di Q4 2016.

Walaupun begitu, Samsung masih memenangkan pangsa pasar di kuartal-kuartal sebelumnya. Jadi bila data pangsa pasar tahun 2016 dikalkulasi, Samsung masih menjadi penjual smartphone nomor 1 di dunia.

data-smartphone-2016

Kita lihat lagi pertarungan mereka di tahun 2017 ini. Manuver mereka akan lebih seru dengan memunculkan pertarungan antara iPhone 8 dengan Galaxy S8.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here