Siapa yang tak kenal nama besar Foxconn, manufaktur perakit iPhone ini sudah terkenal di seluruh belahan dunia. Kini, rencana Foxconn yang hendak mendirikan pabrik perakitan ponsel di Indonesia akhirnya terwujud juga. Pabrik perakitan ponsel tersebut berdiri di Batam, yang terkenal dengan pabrik perakitan perangkat elektronik. Bahkan pabrik milik PT Satnusa yang terkenal merakit ponsel Asus dan Xiaomi juga bertempat di Batam.

foxconn-hq-in-taiwan

Namun pabrik yang berada di Batam itu memang tidak sebesar pabrik perakitan milik mereka yang ada di India maupun di Tiongkok. Karena pabrik tersebut hanya dikhususkan untuk menangani perakitan ponsel saja. Pabrik tersebut beroperasi dengan arahan PT. Infocus Consumer International (ICI) Global yang merupakan anak perusahaan Foxconn. Ponsel yang diproduksi pun juga milik mereka sendiri, yang akan menyasar pasar Indonesia.

Untuk merealisasikan pembangunan pabrik di Batam, perusahaan mengucurkan dana sebesar Rp50 miliar. Bahkan ICI juga berkolaborasi dengan PT Satnusa Persada. Pabrik ICI tersebut rencananya akan memproduksi smartphone dengan brand Sharp untuk memenuhi pasar tanah air saja. Namun tidak menutup kemungkinan untuk memasok pasar negeri jiran, mengingat jaraknya yang sangat dekat. Sharp sendiri sudah menjadi bagian dari Foxconn setelah diakuisisi pada Maret tahun lalu senilai Rp 46,5 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here