Apple telah resmi merilis sistem operasi terbarunya untuk perangk smartphone iPhone dan tablet iPad, iOS 10. Banyak fitur baru yang terdapat pada sistem operasi ini, salah satunya adalah kemampuan untuk menghapus (menyembunyikan) aplikasi bawaan dari Apple.

Tapi dengan sistem operasi terbarunya, Apple juga memperketat sistem keamanan pada iOS 10 agar bebas dari jailbreak. Seperti yang kita tahu, jailbreak terakhir yang dapat digunakan adalah untuk iOS 9.3.3, itupun masih semi untethered, sehingga tidak permanen alias perlu di jailbreak ulang dengan membuka aplikasi tertentu.

ios-10-jailbreak

Nah bicara soal jailbreak, belum lama ini beredar sebuah kabar mengenai iOS 10 yang notabene sudah dapat di jailbreak. Seperti yang disunting dari WCCFtech, Kamis (22/9/2016), jailbreak tersebut bukanlah buatan Pangu Team yang sebelumnya telah berhasil membobol iOS 9, namun berasal dari akun Twitter qwertyoruiop, atau biasa dikenal Luca Tedesco.

Pada akun Twitter miliknya, Luca Tedesco mengirim sebuah foto perangkat iPhone berwarna hitam yang disinyalir adalah iPhone 7. Tidak hanya itu saja, dirinya juga memamerkan sebuah program Cydia, yang menunjukkan bahwa perangkat iPhone terbaru tersebut sudah dapat di-jailbreak. Bukti kuat lainnya adalah, pada aplikasi Cydia tertulis iPhone 9.3 (yang merupakan nama lain iPhone 7), yang menggunakan iOS 10.0.1 serta aplikasi Cydia versi 1.1.26.

Sayangnya, Luca Tedesco tidak akan mempublikasikan alat atau program jailbreak tersebut. Hal tersebut lantaran dirinya telah berhasil melakukan jailbreak pada iOS 10 beta 8 lalu dan tidak membeberkan celah keamanan pada sistem operasi tersebut. Masih belum diketahui juga apakah teknik jailbreak yang digunakan ini sudah unthetered (permanen) atau masih thetered (membutuhkan perangkat komputer untuk melakukan jailbreak ulang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here