Akhir-akhir ini kabar mengenai perangkat konsol terbaru dari Sony memang sedang menguat. Pada awalnya, banyak yang menyebutnya dengan nama PlayStation 4.5 dan PlayStation 4K, karena disebut-sebut bakal mendukung resolusi 4K layaknya pada perangkat komputer. Tidak hanya itu, belakangan ini nama PlayStation 4 Neo juga digadang-gadang sebagai nama lain PlayStation 4.5 atau PlayStation 4K.

playstation4-wireless-controller

Tapi akhirnya kabar burung tersebut terjawab sudah melalui pernyataan resmi Presiden dari Sony Interactive Entertainment, Andrew House. Seperti yang diberitakan oleh TweakTown, Sabtu (11/6/2016), House mengatakan bahwa eksistensi dari PlayStation 4 yang bakal mendukung resolusi 4K benar adanya. Dirinya juga mengatakan bahwa perangkat konsol terbaru mereka bakal diberi nama PlayStation 4 Neo.

Dari informasi sebelumnya disebutkan bahwa PlayStation 4 Neo ini selain mendukung resolusi 4K, perangkat konsol terbaru dari Sony ini tetap mendukung game-game lama dengan resolusi Full HD. Tapi dari rumor yang beredar belum lama ini, kabarnya perangkat konsol ini tidak benar-benar menjalankan resolusi asli 4K, namun hanya melakukan up scaling dari resolusi Full HD ke 4K.

Untuk jeroannya sendiri kabarnya pada perangkat PlayStation 4 Neo mengalami peningkatan. Seperti penggunaan prosesor dari AMD Jaguar octa core dengan kecepatan 2,1GHz. Bahkan untuk pengolah grafisnya sendiri disebutkan bakal menggunakan GPU terbaru dari AMD, Polaris. Selain itu bandwidth yang dihasilkan oleh GPU ini lebih besar, yakni 218GB/s (PlayStation 4 memiliki bandwidth 176GB/s).

House mengatakan bahwa perangkat PlayStation 4 Neo tidak akan menggeser posisi PlayStation 4 karena perangkat konsol terbaru ini memang ditujukan untuk hardcore gamer. Sayangnya pada ajang E3 mendatang disebutkan Sony tidak akan memamerkan perangkat konsol ini karena mereka masih dalam tahap persiapan.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here