Sebuah kabar yang mengejutkan dicuitkan oleh akun Twitter resmi BBC pada beberapa waktu lalu. Cuitan tersebut mengabarkan kalau Presiden Donald Trump mengalami luka serius karena mendapatkan serangan tembakan. Hal ini dicuitkan oleh akun twitter BBC Northampton.

bbc

Namun, apakah tweet tersebut memang benar terjadi? Pihak BBC mengabarkan kalau kicauan tersebut memang benar telah dituliskan oleh salah satu akun resminya. Namun, mereka mengungkapkan kalau kicauan tersebut sepenuhnya adalah kabar hoax. Karena, pada saat menuliskan cuitan tersebut, BBC Northampton telah dihack.

Pihak BBC mengungkapkan kalau mereka kini tengah berusaha untuk menyelidiki permasalahan ini. Di waktu yang sama, mereka juga meyakinkan kepada para follower-nya bahwa masalah seperti ini tidak akan terulang kembali. Lalu, siapa yang bertanggung jawab terhadap peretasan ini?

Tidak lama setelah kicauan tentang Trump yang mengalami luka tembak, ada cuitan lain yang bukan datang dari BBC di akun BBC Northampton. Cuitan tersebut berisi,” Pesan dari OurMine: kami mendeteksi aktivitasi tidak biasa di akun ini, akun ini diretas oleh orang lain dan kami berusaha menanganinya sekarang.”

Pihak BBC pun telah menghubungi Ourmine. Dalam pernyataannya, OurMine mengakui kalau kicauan kedua tersebut disuarakan oleh mereka. Hanya saja, hal itu mereka lakukan karena adanya aktivitas tidak biasa di akun BBC. “Kami tidak pernah meretas (akun) seseorang tanpa sebab. Kami adalah grup keamanan,” ujar Ourmine.

OurMine memang pernah melakukan aksi peretasan terhadap akun-akun dengan follower yang banyak. Mulai dari Netflix, Marvel, dan lain-lain. Namun, pada saat peretasan tersebut, mereka tidak pernah menyebarkan isu hoax seperti yang terjadi pada akun BBC ini.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here