Nokia memang berhasil menjadi bintang pada ajang MWC 2017 dengan meluncurkan tiga ponsel, yakni Nokia 5, Nokia 3, dan versi terbaru Nokia 3310. Namun masih ada kejutan dari brand lain, salah satunya adalah Alcatel A5. Smartphone ini meluncur di ajang MWC 2017 dengan mengusung sejumlah fitur spektakuler, yakni berkonsep modular mirip seperti Moto Z dengan Moto Mod. Perbedaannya adalah, Alcatel A5 merupakan handset terjangkau yang tidak mengusung spesifikasi high-end.

alcatel-modular-2

Jika Anda belum mengenal apa itu ponsel modular, ini adalah konsep desain smartphone baru di mana ada bagian-bagian yang dapat dilepas dan diganti dengan bagian lainnya untuk mendapatkan berbagai jenis fungsi yang berbeda.

Dalam desain modular, komponen utama adalah main board, dan komponen lainnya seperti kamera atau baterai yang terpasang. Ini dikemas dalam modul yang mudah dilepas dan dapat diganti sesuai kebutuhan tanpa harus melakukan penyolderan ulang. Dalam hal ini, modul pada dasarnya adalah sebuah case untuk ponsel dengan konektor POGO yang dapat Anda hubungkan ke perangkat.

alcatel-modular-4

Alcatel A5 dilengkapi dengan tiga modul dan salah satu modul merupakan case LED yang bisa menampilkan animasi LED berwarna-warni di bagian belakang perangkat. Tampilan cahaya berwarna-warni di casing belakang diaktifkan melalui Light Show aplikasi di dalam ponsel dan efek cahaya dapat disesuaikan. LED case ini dapat diatur untuk menyala saat Anda menerima pemberitahuan di ponsel.

Perusahaan ini juga memamerkan modul kedua yang merupakan add-on baterai berkapasitas 3000mAh dan modul yang ketiga merupakan case speaker dengan kickstand yang dapat meningkatkan volume dan kualitas pemutaran musik.

alcatel-modular-5

Sementara di bagian hardware, Alcatel A5 mengusung layar seluas 5,2 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Smartphone ini didukung oleh chipset MediaTek MTK 6753 dan menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow. Smartphone modular terjangkau ini mengusung baterai bawaan berkapasitas 2,800mAh.

Harga Alcatel A5 belum diketahui dan tanggal ketersediaan juga tidak diketahui untuk sekarang ini, tapi Alcatel mengatakan handset baru tersebut akan bersaing di segmen midrange, yang biasanya dibanderol antara $ 150 hingga $ 200.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here