Fitur foto panorama memang sudah ada sejak lama, dimana dengan mode ini Anda bisa mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih lebar. Namun ketika mengambil foto panorama menggunakan ponsel atau kamera, kadang-kadang Anda akan mendapati beberapa gambar aneh dan tidak lurus. Beberapa hal dapat mempengaruhi hasil foto seperti gerakan Anda yang terlalu cepat, algoritma penghubung yang kacau, atau benda masuk ke frame saat Anda menembak gambar.

Hasil foto panorama yang kurang pas terkadang hanya bagian dari proses karena hasilnya masih bisa diperbaiki dengan algoritma penghubung. Google baru-baru ini memperkenalkan algoritma baru yang dapat memperbaiki hasil foto panorama, dimana pada dasarnya perusahaan menghadirkan alogitma tersebut untuk layanan Street View. Google telah mengungkapkan bahwa algoritma baru tersebut akan diterapkan untuk Street View miliknya, dimana itu akan berdasarkan “optical flow” yang diharapkan akan menghasilkan panorama yang terlihat lebih baik.

Menurut Google, “Idenya adalah untuk membengkokkan setiap gambar secara halus sehingga garis gambar akan tumpang tindih dengan rapi. Hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati agar hasilnya sempurna. Pendekatan ini juga harus kuat untuk berbagai geometri pemandangan, kondisi pencahayaan, kualitas kalibrasi, dan kondisi lainnya.”

Sejauh ini tampaknya bahwa berdasarkan contoh gambar dan juga dalam video di atas, Google cukup sukses dengan usaha mereka. Jika Anda sering menggunakan layanan Google Street View, tentu ini merupakan kabar baik dan mudah-mudahan dapat menghasilkan gambar yang lebih nyata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here