Alibaba dikenal sebagai salah satu perusahaan raksasa yang berbasis di Cina. Perusahaan ini pun memiliki beberapa unit usaha, dari mesin mencari, ecommerce ataupun OS mobile. Tak heran jika banyak pihak yang mengatakan bahwa Alibaba adalah versi Cina dari Google.

Dan, Google nampaknya mulai merasa terganggu dengan perkembangan yang diperoleh Alibaba. Dalam sebuah pernyataan terbaru, Alibaba mengatakan bahwa Google telah memaksa Acer untuk tidak memakai OS Aliyun yang merupakan OS mobile bikinan Alibaba.

Paksaan tersebut, menurut Alibaba, dilakukan terkait dengan rencana Acer untuk meluncurkan Acer CloudMobile dengan OS Aliyun untuk pasaran Cina. Padahal menurut rencana, pada 13 September, Acer akan melakukan konferensi pers peluncuran smartphone berbasis Aliyun. Dan, menurut Dow Jones, rencana tersebut terpaksa dibatalkan.

“Partner kami memperoleh catatan dari Google bahwa jika produk mereka memakai OS Aliyun, maka Google akan menghapus kerjasama yang berhubungan dengan Android dan lisensi teknologi dengan partner kami tersebut,” ujar juru bicara Alibaba kepada Cnet.

Dan, Alibaba pun mengatakan bahwa mereka mengerti dengan keputusan Acer untuk menunda konferensi pers pengenalan smartphone Aliyun. Sementara itu, pihak Google masih belum memberikan keterangan terkait klaim dari Alibaba tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here