Baru-baru ini developer dari Cina telah berhasil menciptakan sistem operasi baru bernama Aliyun. Mereka mengklaim bahwa OS berbasis komputasi awan ini siap bersaing dengan iOS ataupun Android.

Adalah sebuah perusahaan bernama Alibaba Cloud Computing yang memiliki ide untuk meluncurkan OS tersebut. Aliyun, ujar mereka, dipersipkan untuk perangkat mobile berbasis komputasi awan. Sebagai langkah awal, OS ini akan disematkan pada ponsel buatan Cina, K-Touch Cloud Smart Phone W700.

Meskipun terbilang baru, OS berbasis Linux ini memiliki berbagai fitur yang didukung komputasi awan, seperti email, GPS, perangkat navigasi, dan internet search. Selain itu, dengan menggunakan OS ini, para penggunanya tak perlu repot-repot mendownload aplikasi tersebut. Alibaba sudah menyiapkan file-file tersebut dan ter-back-up di server komputasi awan Alibaba.

Namun sayang, untuk saat ini OS ini hanya memiliki opsi bahasa Cina sebagai bahasa pengantar. Meskipun begitu, Alibaba berharap OS ini bisa diterapkan tidak hanya di ponsel pintar saja, melainkan di tablet juga.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here