Lagi-lagi, seakan tak ada habis-habisnya gebrakan yang dilakukan para vendor asal Cina akhir-akhir ini. Pasalnya tidak saja lihai menggoyang pasaran perangkat mobile, ternyata mereka kini juga mulai merambah pasaran chip. Ya dialah AllWinner Technology, salah satu pembuat chip asal Zhuhai – Cina, yang konon telah berhasil melahirkan processor mobile Quad-Core pertama di dunia yang menggunakan arsitektur Cortex-A7. Dan processor yang dikenal dengan “Allwinner A31” tersebut kabarnya baru saja dipamerkan dalam ajang CES 2013 di Las Vegas – Amerika Serikat.

Allwinner A31 ini termasuk sebagai processor 40nm terbaru yang memiliki fitur GPU PowerVR SGX544MP. Sama seperti halnya NVIDIA Tegra 4, Allwinner A31 ini ternyata termasuk juga processor yang hemat daya.

Frekuensi yang dihasilkan Allwinner A31 pun berkisar antara 1GHz ke 1.2GHz, sedangkan frekuensi default pada GPU adalah sebesar 355MHz. Maka untuk memperoleh kinerja yang maksimal, kabarnya Allwinner A31 ini juga dapat di overclock hingga frekuensi tertingginya.

Di pasaran, harga Allwinner A31 ini dibandrol sebesar 20 USD atau sekitar 192 ribuan rupiah per unitnya. Dengan harga segitu, Allwinner A31 diklaim sangat cocok untuk digunakan pada perangkat mobile yang didukung Android 4.2 ke atas ataupun Windows 8 seperti tablet, smartphone, Smart PC dan smart TV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here