Satu lagi prosesor octa core yang ditujukan untuk perangkat mobile segmen menengah ke bawah. Prosesor tersebut dirilis oleh produsen chip prosesor asal Cina. Dan mereka pun siap memamerkan board chip prosesor tersebut pada ajang CES 2013 dengan nama AllWinner A80 Optimus Board.

Board tersebut bisa dikatakan adalah sebuah komputer mini yang memiliki prosesor octa core, port USB, pin developer dan lain-lain. Chip prosesor yang tersemat pada board tersebut menggunakan teknologi big.LITTLE dengan 4 perosesor ARM Cortex A15 dan 4 prosesor ARM Cortex A7.

Dengan menggunakan teknologi big.LITTLE tersebut, chip prosesor ini pun bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Chip prosesor ini akan bisa bekerja secara optimal baik pada performa tinggi ataupun performa rendah, sesuai dengan aplikasi yang dijalankan.

Teknologi prosesor octa core big.LITTLE pertama kali diperkenalkan oleh Samsung pada awal tahun 213. Dan dengan adanya prosesor octa core milik AllWinner ini, maka akan ada perangkat mobile berupa tablet ataupun bahkan smartphone murah yang hadir dengan chip prosesor tersebut.

via Liliputing