Produsen chip prosesor Cina, Allwinner tak mau ketinggalan dengan meluncurkan prosesor octa core miliknya, yakni A80. Namun prosesor terbaru dari Alwinner bukanlah prosesor true octa core seperti milik MediaTek, melainkan menggunakan arsiktektur big.LITTLE seperti yang dipakai oleh Samsung pada Exynos 5.

Pihak Allwinner mengatakan, meskipun prosesor ini menggunakan arsitektur big.LITTLE, A80 mampu menjalankan semua core di dalamnya secara bersamaan. Dengan teknologi tersebut, Allwinner pun mengklaim bahwa prosesor ini akan memberikan peningkatan performa pada perangkat smartphone ataupun tablet.

Sayangnya, pihak Allwinner tidak mengungkapkan desain detail dari A80. Jadi publik belum tahu apakah mereka menggunakan teknologi ARM Cortex A15 dan Cortex A7 seperti yang ada pada chip octa core Samsung dan MediaTek. Pun halnya mengenai teknologi grafis di dalamnya.

Prosesor ini pun menurut rencana akan siap diluncurkan ke pasaran pada akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014. Dan biasanya, prosesor milik Allwinner banyak digunakan untuk perangkat low end.

via Liliputing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here