Sebuah produk prosesor yang ditujukan untuk perangkat low end baru saja diperkenalkan oleh Allwinner. Prosesor tersebut adalah Allwinner A23 yang merupakan prosesor ARM Cortex A7 dual core dengan kecepatan 1.5GHz. Prosesor yang dibarengi dengan GPU Mali 400MP2 ini menurut rencana akan diproduksi secara massa pada Oktober mendatang.

Prosesor ini tidak menawarkan power yang tinggi. Bahkan dibandingkan dengan prosesor milik Rockchip ataupun MediaTek, prosesor ini pun masih kalah. Namun keuntungan memakai prosesor ini terletak pada harganya yang murah. Selain itu prosesor ini juga mendukung berbagai jenis platform, di antaranya adalah Ubuntu, Fedora ataupun Puppy.

Menurut laporan yang ditulis Padhz, prosesor ini akan memiliki efisiensi power 50 persen lebih baik dibandingkan chip lain ketika digunakan untuk memainkan musik. Namun belum ada informasi yang jelas apakah chip prosesor ini hadir sebagai Linux friendly atau tidak.

Chip prosesor A23 ini menjadi produk Cortex A7 dual core kedua dari Allwinner. Sebelumnya, mereka memperkenalkan A20 yang menawarkan kecepatan lebih rendah, yakni 1.2GHz.

via Padhz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here