kredit gambar: Wikipedia

Google kini telah secara resmi menjadi perusahaan termahal dunia. Mereka pun berhasil mengalahkan Apple untuk pertama kalinya sejak tahun 2009. Namun hal ini tidak secara langsung dilakukan oleh Google, melainkan oleh perusahaan induk yang mereka bentuk pada tahun 2015 lalu, Alphabet.

kredit gambar: Wikipedia
kredit gambar: Wikipedia

Dalam bursa saham, Alphabet kini mempunyai nilai sebesar 570 miliar USD. Angka ini sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Apple yang dinilai sebesar 534,66 miliar USD. Selisih yang muncul antara nilai kedua perusahaan ini memang tidak begitu besar. Jadi tak menutup kemungkinan kalau Apple pun bakal kembali mengalahkan Google dalam waktu dekat.

Sementara itu, Microsoft jadi perusahaan teknologi berikutnya yang muncul dalam daftar perusahaan termahal dunia di posisi ketiga dengan nilai sebesar 432,72 miliar USD. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan masing-masing Exon dan Facebook yang ada di posisi kelima dan keenam yang bernilai 317,59 miliar USD dan 327,41 miliar USD.

Seperti dikutip dari Venturebeat, beberapa faktor bisa menjadi penyebab kekalahan sesaat Apple ini. Termasuk di antaranya adalah tingkat penjualan iPhone yang diperkirakan bakal mengalami penurunan. Namun di sisi lain, Apple mempunyai segudang prestasi untuk bisa kembali menempati posisi sebagai perusahaan termahal dunia. Terlebih pada tahun 2014, mereka memperoleh pemasukan sebesar 1 miliar USD terkait pemakaian Google sebagai search engine default di iPhone. Selain itu, mereka juga masuk dalam daftar 500 perusahaan paling profit versi Fortune.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here