Situs e-commerce terkemuka dunia, yakni Amazon dikabarkan bakal meramaikan persaingan toko online di tanah air. Bahkan secara khusus, Amazon bakal menyiapkan dana tak kurang dari 8 triliun rupiah sebagai modal usaha. Kabar kedatangan kedua e-commerce raksasa dunia ini diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Daniel Tumiwa.

amazon

Kedatangan Amazon, menurut Daniel, sudah bukan merupakan berita yang rahasia lagi. Pihak Amazon pun sudah mengumumkan minatnya untuk bisa membuka usaha di Indonesia. Hanya saja, belum diketahui waktu kedatangan pasti perusahaan yang dimiliki oleh Jeff Bezos tersebut. Kedatangan Amazon, menurut Daniel bakal memberikan dampak yang sangat besar bagi persaingan e-commerce di tanah air.

Dia mencontohkan fenomena yang sebelumnya terjadi di negara India. Kehadiran Amazon di negeri Bollywood tersebut secara langsung mengurangi omzet yang dimiliki oleh Flipkart yang sebelumnya dikenal sebagai e-commerce terbesar di sana. Bahkan, lanjut Daniel, Flipkart kehilangan pangsa pasarnya hingga 50 persen hanya dalam jangka satu tahun.

Dengan dana yang melimpah, Amazon pun bakal bisa dengan mudah membangun jaringan e-commerce yang sangat kuat di tanah air. Meski begitu, bukan tidak mungkin toko online tanah air juga bisa mengalahkan hegemoni Amazon. Sebagai contohnya adalah yang telah terjadi di negara Cina. Di Cina, Amazon harus mengalah kepada Alibaba dan akhirnya memilih untuk keluar dari negara tersebut.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here