Berkembangnya Amazon menjadi kekuatan yang dominan di ruang ritel online selama dua dekade terakhir, tampaknya telah mengubah harapan banyak orang untuk melihat seberapa cepat dan dapat diandalkannya sistem pengiriman barang pesanan yang digunakan. Seperti hal layanan Prime Now yang bisa mengirim paket pesanan dalam waktu 1 jam setelah melakukan pemesanan, raksasa ritel tersebut kabarnya baru saja mengambil langkah-langkah tersebut selangkah lebih jauh bersama Amazon Key, yang merupakan layanan baru yang memungkinkan kurir dapat mengirimkan paket dan menempatkannya langsung ke dalam rumah Anda saat Anda bepergian.

Manfaat layanan semacam itu memang sangat dibutuhkan banyak orang. Jika Anda memesan barang bernilai tinggi seperti TV flat atau notebook mahal yang dikirim ke rumah Anda dan kebetulan Anda sedang tidak ada ditempat karena urusan pekerjaan atau hal lainnya, tentunya Anda lebih suka kalau tidak ada paket barang berharga yang ditempatkan di depan pintu rumah Anda selama berjam-jam, bukan? Berkat Amazon Key, yang tersedia secara eksklusif untuk anggota Amazon Prime, adalah layanan yang menggunakan smart lock dan kamera terhubung yang disebut Cloud Cam. Selain menawarkan resolusi video 1080p, fitur kemampuan mode malam, dan dukungan audio dua arah, Cloud Cam ini juga dapat dikolaborasikan bersama Amazon Alexa.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Nah, saat petugas pengirimam tiba dengan membawa paket pesanan dari Amazon, kemudian barcode pada paket dipindai (scan). Pada saat ini, Amazon langsung memverifikasinya apakah petugas pengiriman tersebut telah berada pada lokasi yang tepat dan dalam waktu tertentu melalui proses autentikasi tersendiri. Setelah autentikasi selesai, Cloud Cam mulai merekam sehingga pemilik rumah dapat melihat dengan tepat apa yang terjadi.

Melalui aplikasi mobile yang ada, petugas pengiriman kemudian diberi akses untuk membuka kunci pintu Anda dan membiarkannya menempatkan atau meninggalkan paket kiriman di dalam rumah. Begitu petugas pengiriman menutup pintu untuk pergi, lalu pintu akan dikunci ulang. Setelah seluruh proses selesai, Amazon barulah akan memberi tahu Anda dengan sebuah email yang berisi video dari keseluruhan proses pengiriman.

Meskipun layanan ini khusus dirancang untuk pengiriman Amazon, namun tak tertutup kemungkinan juga bisa digunakan untuk memberi akses sementara ke rumah Anda kepada teman, saudara, atau layanan seperti Airbnb.

Meskipun baru akan tersedia pada tanggal 8 November mendatang, namun Amazon Key In-Home Kit saat ini telah dapat dipesan (pre-order) terutama bagi Anda anggota Amazon Prime dengan banderol seharga $ 249,99 atau sekitar 3,4 jutaan rupiah. Kit ini mencakup Cloud Cam dan smart lock yang kompatibel dari “manufaktur kunci terkemuka” seperti Yale dan Kwikset. Sedangkan Cloud Cam yang juga tersedia secara terpisah dibanderol seharga $ 119,99 atau sekitar 1,6 jutaan rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here