Penggunaan teknologi robot untuk menggantikan tenaga manusia kini mulai dilakukan oleh banyak perusahaan besar dunia. Beberapa waktu lalu, terungkap mengenai keberadaan robot penjaga milik Microsoft yang ditempatkan di Silicon Valley. Dan kini, perusahaan e-commerce terbesar dunia, Amazon pun ternyata menggunakan robot bernama Kiva yang berwarna oranye di gudang miliknya.

Penggunaan robot itu pun dipakai untuk mengambil barang-barang yang tersimpan di gudang. Bahkan Amazon total mempunyai sebanyak 15 ribu robot yang bisa sekaligus membawa barang dalam jumlah cukup banyak. Dan hal ini pun tentunya lebih meningkatkan efisiensi kerja di gudang. Terlebih pada momen Black Friday tahun lalu, mereka mencatatkan angka penjualan sebanyak 37 juta item.

robot gudang amazon

Tak hanya bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan, robot juga dapat menurunkan cost yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. VP senior Amazon, Dave Clark mengatakan kalau pada area operasi yang menggunakan tenaga robot, terdapat penurunan biaya operasi hingga mencapai 20 persen. Dan dia pun mengungkapkan kalau ke depan, tingkat penggunaan robot bakal semakin ditambah.

via Neowin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here