Google Maps memang boleh jadi aplikasi pemetaan terpopuler saat ini terutama di perangkat mobile karena memang selalu hadir di Android maupun perangkat iOS sebelum versi 6. Nah tapi Amazon sudah pintar-pintar menyiapkan teknologi pemetaan di perangkat Kindle untuk menghindarkan ketergantungan pada Google Maps dengan meluncurkan Amazon Maps API yang sudah keluar dari versi beta, alias sudah rilis final dan dirilis ke publik.

Jadi para pengembang aplikasi untuk Kindle Fire saat ini sudah bisa menggunakan segala fungsionalitas dengan bug seminim mungkin karena versi Amazon Maps yang sudah mencapai versi 1.0.

Para pembuat aplikasi untuk Kindle Fire seperti Hipmunk, Evernote, Trulia dan Zillow sudah menggunakan API ini di aplikasi mereka.

Amazon Maps API sendiri sebenarnya bagian dari Amazon Mobile App SDK dan memiliki dua fitur utama:

  • Interactive Maps: Anda dapat menyisipkan Map View dalam aplikasi dan Anda dapat menampilkan lokasi saat ini dari pengguna, lalu berganti antara map standar maupun tampilan satelit
  • Custom Overlays.  Anda dapat menambahkan lokasi bisnis, landmark, dll dengan marker dan pin tambahan Anda sendiri

Anda dapat mempelajari atau mendownload Amazon Mobile APP SDK di: https://developer.amazon.com/welcome.html

atau mempelajari Amazon MAPS API di:

https://developer.amazon.com/sdk/maps.html

Sayangnya kita pengguna dari Indonesia saat ini belum memungkinkan untuk menggunakannya karena Amazon Kindle belum dipasarkan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here