Kredit Daily Express

Membangun koloni di planet Mars adalah impian para peneliti sejak dahulu, karena Mars dianggap memiliki kemungkinan untuk di ditinggali manusia. Salah satu hal yang membuat para peneliti yakin bahwa Mars bisa ditinggali manusia karena planet merah tersebut memiliki air yang menjadi sumber kehidupan manusia. Namun impian membangun koloni di planet tetangga itu akan menemui sejumlah hambatan yang serius.

Kredit Daily Express
Kredit Daily Express

Penelitian yang dilakukan selama ini untuk meneliti kehidupan bakteri yang bisa bertahan hidup di planet Mars. Menurut Science Alert, planet merah tersebut memiliki unsur yang sangat berbahaya bagi semua kehidupan, termasuk bakteri yang akan mati dalam hitungan detik. Unsur yang dapat membunuh bakteri tersebut adalah perchlorates. Itu adalah unsur kimia yang ditemukan pada tahun 2008 yang sangat berbahaya bagi manusia. Namun unsur tersebut diduga sebagai katalis yang menjaga keberadaan air di Mars.

Masalahnya, keadaan di Bumi dan di Mars sangat berbeda, dimana efek dari sinar UV untuk perchlorates di kedua planet ini tentu akan berbeda. Perchlorates sangat bereaksi terhadap paparan sinar UV, dimana sinar UV di planet Mars sangat tinggi karena lapisan atsmofer di planet itu sangat tipis.

Ini akan menjadikan permukaan planet tersebut menjadi tanah yang berbahaya bagi kehidupan. Dengan begitu, manusia akan kesulitan dalam memproduksi makanan, seperti menanam kentang atau tumbuhan lain. Meski masih menemui sejumlah kendala, namun misi eksplorasi ke planet Mars akan tetap dilakukan untuk mewujudkan impian para peneliti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here