Perkembangan teknologi di dunia komputer terkadang menuntut para penggunanya untuk terus selalu up to date agar tidak dibilang ketinggalan zaman. Namun bagi sebagian orang, penggunaan teknologi tidaklah selalu harus mengikuti perkembangan saat ini, dan tetap bersikeras menggunakan beberapa komponen lawas, asal menunjang kegiatan mereka.

amd-radeon

Namun bagi pengguna kartu grafis dari AMD, terutama seri HD 5000, HD 6000, dan beberapa HD 7000 harus bersedih, lantaran kini AMD telah menghentikan dukungan untuk ketiga seri kartu grafis tersebut. Dikutip dari Guru3D, Rabu (25/11/2015), dikabarkan dukungan yang dihentikan oleh AMD ini merupakan langkah akhir yang tak terelakan.

AMD mengabarkan bahwa kartu grafis seri HD 5000, HD 6000 dan beberapa seri HD 7000 sudah tidak akan mendapatkan pembaruan berupa driver lagi. Sehingga AMD memasukan daftar vga tersebut ke jajaran “legacy”. Bukan tanpa alasan, AMD saat ini sedang berfokus pada kartu grafis alias VGA card mereka, yang sudah mendukung aristektur Graphic Core Next (GCN). Jadi penghentian dukungan driver terhadap kedua seri yang telah disebutkan tadi sudah berhenti sampai di sini.

Untuk varian HD 7000, hanya beberapa kartu grafis, diantaranya adalah varian HD 7700 ke bawah. Jadi untuk seri HD 7700 ke atas masih mendapatkan dukungan dari AMD, entah hingga kapan.

amd-crimson

Tapi bagi pemilik VGA card yang disebutkan tadi tidak perlu berkecil hati karena AMD saat ini masih memberikan dukungan, dengan merilis driver terbaru mereka, Crimson. Namun untuk driver AMD Crimson sendiri masih dalam tahap beta, alias uji coba, sehingga bisa saja terdapat beberapa bug saat digunakan.

Apakah Anda termasuk pemilik ketiga seri VGA card di atas tadi?

(ND/Guru3D)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here